Simak Tips Jitu Agar Tidak Telat Bangun Sahur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyiapkan Menu Sahur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sahur merupakan waktu yang sebisa mungkin jangan lewatkan saat sedang berpuasa. Ini karena asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur bisa memberikan energi dan nutrisi yang tubuh butuhkan untuk berpuasa seharian.

Namun tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang sering telat atau bahkan susah bangun sahur sehingga melewatkan waktu makan tersebut. Akibatnya, kesehatan tubuh pun kadang-kadang menjadi terganggu. Melansir laman halodoc, simak tips jitu agar tidak telat sahur.

Tidur lebih awal

Mengubah waktu tidur bisa jadi hal yang sulit, namun tidak mustahil untuk kamu lakukan. Anda bisa mencobanya secara bertahap dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal dari biasanya.

Hindari konsumsi kafein sebelum tidur

Hindari mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Minuman mengandung kafein seperti kopi bisa memblokir reseptor di otak bernama adenosine sehingga tubuh menjadi lebih awas dan tidak mengantuk.

Gunakan alarm

Anda bisa mengatur waktu alarm terlebih dahulu sebelum tidur. Bila Anda tipe orang yang sering tidur lagi setelah mematikan alarm, Anda bisa mengatur waktu bangun 30 menit lebih awal dari waktu sahur.

Hindari makan terlalu banyak saat berbuka

Makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat Anda cepat mengantuk. Sebab, setelah Anda makan, darah akan mengalir lebih banyak ke bagian perut untuk membantu pencernaan. Walhasil, peredaran darah di otak akan berkurang sehingga menyebabkan rasa kantuk.

Jangan berolahraga larut malam

Beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Namun, perlu diketahui bahwa berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur dapat menyebabkan sulit tidur.

Aktivitas fisik seperti berolahraga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat kamu semakin terjaga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui waktu terbaik berolahraga selama puasa.

Minum air putih

Setelah tidur sepanjang malam, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan. Hal ini bisa memengaruhi kinerja tubuh dan otak sehingga kamu terasa lemas. Karena itu, ketika sudah bangun, sebaiknya segera minum air putih agar tidak ingin kembali tidur.

Tujuan minum air putih adalah untuk rehidrasi tubuh sehingga pikiran dapat menjadi segar dan terjaga segera setelah bangun.

Populer video

Berita lainnya