Ini Nutrisi Penting untuk Cegah Kulit Wajah Kusam dan Rambut Rontok

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Kulit Kering di Bawah Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan produk skincare, perawatan dari dalam tubuh secara alami juga penting untuk mengatasi kulit kusam dan rambut rontok. Lantas vitamin baik untuk mengatasi masalah tersebut?

Kulit kusam merupakan salah satu keluhan yang kerap terjadi pada semua jenis kulit. Beberapa faktor pemicu kulit kusam adalah dehidrasi, penuaan, penumpukan sel mati, stres, paparan sinar UV dan pola makan yang tidak sehat.

Tak jauh berbeda dengan kulit kusam, rambut rontok juga umumnya terjadi karena rutinitas sehari-hari yang tidak disadari. Diantaranya kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin C, vitamin E, B7, protein, dan zinc.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, ternyata ada cara alami untuk mencegah kulit kusam dan rambut rontok. Beberapa perubahan gaya hidup, mulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat, melindungi diri dari paparan sinar matahari, dan mengelola stres dengan baik.

Selain itu, langkah pencegahan juga bisa dilakukan dengan menambah asupan vitamin yang mengandung nutrisi penting untuk kulit kusam dan rambut rontok. Melansir laman hellosehat, berikut ulasannya.

Kolagen

Kolagen memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit. Dengan begitu bisa menunda penuaan, menyamarkan garis halus, membuat wajah terlihat cerah bebas kusam, dan melembabkan sehingga kulit jadi kenyal. Selain itu, kolagen juga dapat memperkuat rambut, melancarkan sirkulasi darah ke kulit, serta menjaga folikel rambut dari kerusakan.

Biotin

Biotin yang juga dikenal sebagai Vitamin H atau Vitamin B7 memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut, menutrisi kuku, dan mengatasi kerusakan kulit.

Zinc

Kurangnya asupan zinc pada tubuh akan menyebabkan kondisi rambut rontok dan masalah kulit seperti jerawat. Jika konsumsi zinc harian terpenuhi, dapat bermanfaat melindungi kulit dari peradangan seperti eksim.

Vitamin E

Vitamin E telah terkenal sebagai antioksidan yang bagus untuk mengatasi permasalahan kulit dan rambut. Sebagai contoh, mendukung perlindungan lapisan epidermis, mencegah kulit kusam, menstimulasi pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Populer video

Berita lainnya