Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Olahraga selama Bulan Ramadhan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Olahraga Malam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas bagaiamana di saat kita sedang berpuasa? Sebab, selama kurang lebih 14 jam, kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman sehingga tubuh menjadi kekurangan energi dan cairan.

Ketika berolahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi dan cairan, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan. Selain itu, berolahraga saat perut masih penuh makanan dapat memperlambat pencernaan dan mengganggu kinerja organ dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak berolahraga secara intensif. Namun, kita tetap dapat melakukan beberapa jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, senam ringan, atau yoga. Olahraga ringan ini dapat membantu kita tetap aktif dan menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan waktu berolahraga. Sebaiknya kita menunggu minimal satu jam setelah sahur sebelum melakukan olahraga ringan. Hal ini akan memberi waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dan menghindari terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa pilihan waktu yang untuk berolahraga selama bulan Ramadan.

90 menit sebelum terbenamnya matahari (waktu berbuka)

Olahraga ringan menjelang pada waktu terbenamnya matahari ketika perut sedang kosong dan hendak berbuka dapat berbagai manfaat. Namun, latihan apa pun yang dilakukan tetap harus sederhana dengan lebih banyak latihan ketahanan, pengulangan dan bobot yang rendah, dan banyak peregangan. Selain itu, juga waktu yang tepat untuk melakukan jogging ringan.

Setelah makan malam

Ketika melakukan olahraga dengan keadaan perut yang kenyang, maka akan mengalami kesusahan. Ada baiknya melakukan olahraga satu jam setelah berbuka puasa untuk menjaga berat badan.

Antara jam 11 malam dan jam 2 pagi

Untuk malam hari, waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah ketika jam 11 malam dan jam 2 pagi. Setelah berbuka, maka tubuh akan membutuhkan rehidrasi. Jika mempunyai waktu istirahat di sore hari, maka olahraga di waktu ini dapat menjadi pilihan yang bagus.

Antara jam 3 pagi dan jam 4 pagi (waktu sahur)

Jika mempunyai waktu, maka waktu ini merupakan waktu yang baik untuk melakukan olahraga sebelum sahur. Dengan melakukan di jam 3 pagi ataupun jam 4 pagi Anda masih memiliki energi yang didapatkan ketika makan malam.

Populer video

Berita lainnya