6 Cara Atasi Cemburu yang Bisa Mempengaruhi Hubungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perasaan cemburu lumrah dialami dalam sebuah hubungan. Sangat wajar merasa cemburu, ketika mendapati pasangan anda tengah dekat dengat seseorang. Apalagi ada ungkapan yang mengatakan, cemburu justru menandakan rasa cinta seseorang terhadap pasangan.

Membuat pasangan merasa cemburu boleh jadi menyenangkan. Tetapi jika terlalu sering hingga membuat pasangan tercekik karena cemburu yang luar biasa, tidak bagus juga. Jadi, berikut ini ada 6 cara yang dapat membantu anda mengatasi rasa cemburu, seperti dilansir dari laman Times of India.

Belajar untuk percaya

Ini merupakan hal yang paling penting dari semua hubungan. Benar jika ada pepatah bilang, ‘mempercayai adalah mencintai’. Karena, anda tidak mungkin mencintai dan bahagai dalam menjalani sebuah hubungan, jika tidak menaruh kepercayaan pada pasangan. Bahkan, anda mungkin anda akan merasa tersiksa menjalani hubungan yang selalu dihantui rasa cemburu.

Jangan Menunjukkan rasa cemburu

Bertindak karena rasa cemburu boleh jadi akan merusak hubungan anda. Seringkali ketika rasa cemburu mendera, anda akan cenderung marah dan mengucapkan kata-kata menyakitkan kepada pasangan. Meski sulit untuk tidak beraksi ketika cemburu, jangan sampai perasaan itu menguasai anda. Bersikaplah masuk akal dan berpikir dua kali sebelum mengucapkan kata-kata kasar yang dapat merusak hubungan.

Mengingat sifat-sifat positifnya

Kapan pun merasa cemburu dan amarah menguasai anda, cobalah menenangkan diri dengan mengingat tujuan dan seberapa penting hubungan tersebut. Cobalah memelihara kebiasaan positif dan ingat kenangan indah yang pernah anda lalui bersama pasangan. Jangan biarkan perasaan cemburu menguasai anda.

Percaya pada diri sendiri

Sebelum berbicara dengan pasangan, analisis secara kritis mengapa anda merasa ada yang berbeda akhir-akhir ini. Ketika merasa cemburu, berarti ada sesuatu yang mendasari anda merasa tidak nyaman. Mungkin anda berpikir sebagai pribadi yang tidak cukup baik untuk pasangan. Oleh karena itu, mereka mungkin meninggalkan anda untuk seseorang yang lebih baik. Belajarlah untuk menghargai kualitas diri. Ketahuilah, pasangan terbaik pasti selalu ada bersama anda.

Lupakan mantan

Hubungan di masa lalu meninggalkan dampak yang besar pada keadaan emosi seseorang. Jika dalam hubungan sebelumnya pasangan anda selingkuh hingga menggoreskan rasa luka di hati, kemungkinan mereka akan memiliki krisis kepercayaan saat menjalani hubungan yang sekarang. Pemicu dari masa lalu dapat merusak hubungan anda saat ini, lantaran rasa cemburu yang luar biasa.

Ekspresikan rasa cemburu dengan cara yang benar

Bersikaplah dewasa dalam mengungkapkan apa yang anda rasakan. Jika pasangan melakukan sesuatu yang membuat anda sangat cemburu, jangan terburu-buru bertindak. Sebaliknya, coba komunikasikan secara perlahan apa yang membuat anda merasa cemburu belakangan ini. Sebab, kecemburuan juga bisa memunculkan perasaan frustrasi dan marah. Jadi lebih baik lakukan pendekatan yang baik dengan memberi tahu rasa cemburu anda dengan nuansa canda.

Populer video

Berita lainnya