5 Menu Berbuka Puasa yang Lezat dan Menyehatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penting bagi anda untuk memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Karena, idealnya menu buka puasa idealnya tidak hanya enak dan menggugah selera, tapi juga menyehatkan tubuh. Lantas apa saja menu takjil yang baik bagi kesehatan?

Takjil berbuka puasa biasanya didominasi beragam makanan yang manis. Makanan ini memang bisa mengembalikan energi dengan cepat karena asupan gula yang dikonsumsi. Namun anda tetap perlu memerhatikan kandungan gizinya.

Dilansir dari laman Hellosehat, berikut ini beberapa pilihan menu yang sehat dan juga membuat tubuh kembali berenergi, yang bisa anda santap pada waktu buka puasa.

Smoothies buah

Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan rasa dahaga anda dengan seketika. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yogurt atau susu dengan beberapa potongan buah segar. Kandungan serat smoothies cukup tinggi, jadi satu gelas saja sudah bisa menghilangkan rasa haus dan lapar. Kalorinya pun tidak banyak, yakni sekitar 200 – 300 kkal untuk setiap sajian.

Bila anda ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yogurt yang rendah lemak dan gula. Cukup tambah sedikit gula atau tidak perlu gunakan sama sekali. Apalagi buah yang anda gunakan sudah memiliki rasa manis.

Lumpia buah basah

Makanan yang satu ini sama seperti lumpia basah pada umumnya. Hanya saja isi lumpia diganti dengan buah-buahan. Anda bisa menggunakan hampir semua jenis buah yang disukai, seperti mangga, kiwi, nanas, stroberi, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan lumpia yang umumnya digoreng, anda dapat berkreasi dengan teknik pengolahan menu takjil ini. Misalnya, dengan memanggang lumpia selama beberapa menit untuk mendapatkan kulit lumpia yang renyah dan gurih.

Kolak pisang tanpa santan

Kolak pisang rasanya menjadi menu khas berbuka puasa. Bagi anda yang tidak suka makanan bersantan, tak perlu khawatir tidak dapat mencicipi makanan ini. Anda bisa menganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, seperti susu.

Pilihlah susu yang kandungan lemaknya lebih rendah dari susu full cream. Dengan begitu, anda bisa lega karena tak ada bayang-bayang kandungan lemak yang tinggi. Anda juga dapat mengganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori.

Puding buah

Puding biasanya lekat dengan rasa yang manis dan kandungan gula yang tinggi. Akan tetapi, anda bisa membuat puding yang menyehatkan dengan bahan utama berupa buah-buahan segar. Buatlah puding dari bubuk agar-agar tawar dan sedikit gula. Setelah agar-agar matang, siapkan beberapa potong buah-buahan favorit anda di dalam sebuah wadah.

Es buah

Biasanya, es buah menggunakan gula pasir dan berbagai jenis sirup, sehingga kandungan gulanya menjadi tinggi. Namun anda bisa membuat alternatif yang lebih menyehatkan. Anda bisa menggunakan campuran air, perasan lemon, dan madu. Lalu lengkapi es buah anda dengan buah-buahan yang beraneka ragam. Hal ini tidak hanya membuat es buah tampak semakin menarik, tapi juga menyehatkan. Pasalnya, Anda mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari setiap jenis buah.

Populer video

Berita lainnya