Ketahui Penyebab Rambut Menjadi Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Menyisir Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masalah rambut kering ditandai dengan keluhan berupa rambut yang terlihat rusak, kusam, tidak berkilau dan sulit diatur. Kondisi ini dipicu lantaran kulit kepala yang tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut.

Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering. Melansir laman Alodokter, berikut ini faktor yang menyebabkan Anda mengalami masalah pada rambut tersebut.

Usia

Risiko rambut kering akan meningkat seiring bertambahnya usia. Semakin bertambahnya usia, produksi alami minyak rambut juga makin berkurang, sehingga rambut menjadi kering.

Selain itu, pada wanita, perubahan hormon pascamenopause juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Saar proses penuaan terjadi, rambut tidak hanya akan menjadi lebih kering, tetapi juga mudah patah, rapuh, dan berubah warna menjadi putih atau beruban.

Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut kering. Seseorang bisa mengalami rambut kering jika sering berada di tempat yang bersuhu panas dan kelembapan udara yang rendah.

Selain itu, rambut kering bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan atau terlalu sering, serta kebiasaan berenang di kolam yang mengandung klorin atau di laut.

Perawatan rambut

Perawatan rambut tidak selalu membuat rambut menjadi sehat. Sebab, perawatan rambut yang tidak tepat bisa menyebabkan rambut menjadi kering, seperti:

  • Mencuci rambut terlalu sering
  • Menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut yang berbahan kimia keras.
  • Mewarnai rambut
  • Menggunakan hairdryer, pelurus rambut, atau pengeriting rambut yang terlalu sering

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan yang buruk atau penyakit tertentu juga bisa menyebabkan rambut tidak mampu mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga rambut menjadi kering.

Berikut ini adalah beberapa penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan rambut kering:

  • Gangguan makan, misalnya anoreksia nervosa
  • Kekurangan gizi atau malnutrisi
  • Anemia
  • Gangguan hormonal, seperti hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme.

Sindrom Menkes, yakni kondisi genetik langka ketika tubuh tidak bisa menyerap cukup tembaga sehingga memengaruhi kesehatan rambut

Populer video

Berita lainnya