Ini Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Siwak atau yang populer miswak adalah ranting dan batang pohon arak. Tanaman ini merupakan bahan alami untuk membersihkan gigi dan mulut. Sebab, siwak mengandung vitamin C, resin, silika, kalsium, fluride dan minyaj atsiri, yang membantu mencegah munculnya plak gigi.

Selain itu, siwak juga memiliki efek analgesik, antioksidan serta antiinflamasi, yang dapat membantu mengatasi peradangan serta mempercepat proses penyembuhannya. Tak heran jika siwak sering dijadikan bahan pasta gigi.

Sebagai alternatif pembersih mulut dan gigi, siwak menawarkan banyak manfaat. Melansir laman Halodoc, simak manfaat siwak yang sayang jika dilewatkan.

Mencegah radang gusi

Radang gusi atau gingivitis membuat gusi menjadi kemerahan. Masalah ini terjadi saat sisa makanan pada gusi dan gigi mengeras, lalu membentuk plak. Dengan siwak, residu yang berujung pada radang gusi bisa berkurang.

Membantu mengatasi gigi berlubang

Ekstrak siwak memiliki efek antibakteri yang berperan aktif dalam melindungi gigi dari plak dan karang gigi. Bakteri dan karang gigi merupakan penyebab gigi berlubang, sehingga membuat gigi cepat rapuh dan rusak.

Membersihkan dan melindungi gigi

Siwak mengandung silika yang berperan sebagai penghilang noda alami. Pemakaian secara rutin tak hanya membersihkan gigi, tapi juga menghilangkan noda kehitaman akibat nikotin dan kopi. Kandungan kalsium, klorida, dan fluorida dalam tanaman ini juga ikut berperan aktif untuk memperkuat gigi. 

Menghilangkan bau mulut

Anda bisa mengatasi masalah bau mulut dengan siwak berkat kandungan tanin pada tanaman ini. Nutrisi tersebut bekerja aktif sebagai zat alami yang merangsang produksi air liur premolar.

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada miswak juga dapat memberikan rasa dan aroma yang lembut. Kombinasi keduanya membuat napas menjadi lebih segar.

Memperkuat kesehatan gusi

Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi, yang berfungsi sebagai pelindung dan penyangga, sehingga memiliki pengaruh besar pada kesehatan gigi. Nah, Anda bisa membantu menjaga fungsi tersebut dengan miswak.

Selain itu, miswak juga membantu mengikis plak yang menumpuk dalam gigi. Kotoran akibat residu makanan ini menjadi penyebab karang gigi yang dapat memicu masalah, seperti gingivitis, periodontitis, dan periodontitis lanjut.

Obat hipersensitivitas

Siwak mengandung enzim antioksidan, peroksidase, dan oksidase polifenol dalam jumlah tinggi. Kandungan itu cenderung aman bagi pengidap hipersensitivitas. Namun, sebaiknya tetap berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mengurangi risiko setelah penggunaan.

Menyembuhkan sariawan

Manfaat ini terjadi berkat vitamin C yang terkandung di dalam miswak. Nutrisi tersebut bekerja dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa melawan patogen penyebab sariawan dengan sendirinya.

Populer video

Berita lainnya