Cara Efektif Mengatasi Panas Dalam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Panas Dalam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Panas dalam merupakan istilah yang digunakan masyarakat, untuk menggambarkan gejala yang menyerang tenggorokan seperti iritasi tenggorokan, infeksi saluran mapas akut (ISPA) atau GERD.

Panas dalam ditandai dengan tenggorokan kering, gatal, serta terasa nyeri saat menelan dan berbicara. Kondisi ini dapat disertai dengan demam, batuk, pilek, suara serak dan bibir pecah-pecah.

Mengatasi panas dalam tidak melulu harus konsumsi obat-obatan. Panas dalam biasanya dapat mereda dalam 3–10 hari dengan perawatan rumahan. Melansir laman Alodokter, berikut ini beberapa cara efektif mengatasi panas dalam.

Minum air putih yang cukup

Perbanyaklah minum air putih. Cara ini dapat melembapkan tenggorokan, sehingga terasa lebih nyaman. Selain itu, minum air juga dapat mencegah dehidrasi yang bisa memperburuk nyeri tenggorokan karena panas dalam.

Batasi mengonsumsi minuman berkafein dan minuman bersoda. Sebab, kedua minuman ini justru dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu asam lambung naik. Selain itu, hindari minuman yang asam, seperti jus jeruk, supaya GERD tidak kambuh dan tidak menyebabkan terjadinya panas dalam.

Konsumsi makanan yang nyaman di tenggorokan

Panas dalam biasanya menurunkan nafsu makan, karena menelan makanan menjadi tidak nyaman. Guna mengatasinya, konsumsilah makanan yang hangat, berkuah, atau bertekstur lembut, seperti sup dan bubur.

Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan zat besi. Berbagai nutrisi itu dapat memperkuat imun tubuh, sehingga tubuh akan lebih kuat melawan infeksi virus maupun bakteri penyebab panas dalam.

Istirahat yang cukup

Saat panas dalam, disarankan untuk mengurangi aktivitas dan memperbanyak istirahat. Agar istirahat berkualitas, upayakan tidur dalam posisi miring ke kiri. Posisi tidur ini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan nyeri.

Anda sebaiknya mengistirahatkan suara dengan tidak berbicara terlalu keras atau tidak banyak bicara selama beberapa hari. Hindari juga bicara berbisik-bisik karena bisa membuat pita suara menegang dan laring teriritasi.

Minum air madu hangat

Minum secangkir air madu hangat bisa menjadi obat herbal untuk mempercepat penyembuhan panas dalam. Sifat antibakteri pada madu mampu mengurangi iritasi tenggorokan dan meredakan batuk saat panas dalam.

Kumur-kumur dengan air garam

Larutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan air garam tersebut setiap 3 jam sekali. Berkumur dengan air garam diketahui dapat meredakan bengkak dan nyeri tenggorokan akibat panas dalam.

Gunakan pelembap udara

Udara yang kering bisa membuat tenggorokan makin teriritasi dan memperburuk panas dalam. Agar cepat pulih, gunakanlah pelembap udara atau humidifier di dalam ruangan, khususnya di ruangan ber-AC atau yang memiliki kelembapan udara rendah.

Populer video

Berita lainnya