Pilihan Minyak Goreng yang Lebih Sehat untuk Memasak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minyak Goreng
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Belakangan masyarakat dihebohkan dengan kelangkaan minyak goreng, yang membuat emak-emak rela harus ngantre untuk mendapatkannya.

Tak dipungkiri, minyak goreng memang lekat dengan masyarakat yang digunakan untuk memasak sehari-hari. Terlepas dari heboh kelangkaan minyak goreng, hingga harganya yang melambung naik, penting mengetahui jenis minyak yang tepat untuk kesehatan tubuh Anda.

Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa jenis minyak yang paling sehat untuk masak.

Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil)

Minyak zaitun murni merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal. Sehingga, minyak ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat Anda tetap rendah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol, yang dapat melindungi jantung Anda.

Minyak kanola

Kanola atau Canola adalah singkatan dari (Canada oil low acid). Minyak kanola merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Walaupun tidak banyak mengandung antioksidan karena banyak dilakukan pemrosesan, namun minyak kanola kaya akan asam alfa-linoleat, bentuk dari omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Minyak kanola mempunyai rasa yang netral dan juga titik asap yang tinggi, sehingga baik untuk memanggang dan menumis. Titik asap merupakan salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih minyak untuk memasak di panas yang tinggi, seperti untuk menggoreng atau memanggang.

Minyak kenari

Minyak ini mengandung lemak tidak jenuh ganda dan juga mengandung omega-3, sehingga baik digunakan sebagai salad dressing atau untuk memanggang. Namun, minyak ini tidak tahan lama. Jika Anda membeli minyak ini dalam botol kecil dan disimpan dalam kulkas, hanya akan bertahan sampai 3 bulan.

Minyak kacang

Minyak kacang tanah memiliki titik asap yang tinggi dan menjadi pilihan baik untuk memasak dalam suhu tinggi. Minyak ini mengandung fitosterol, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit kanker.

Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari mengandung lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Minyak ini lebih stabil dan cocok untuk memasak dalam suhu tinggi.

Populer video

Berita lainnya