Bagaimana Menolak Cinta Seseorang dengan Halus? Simak Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menolak Cinta
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tentunya Anda akan merasa senang jika ada seseoang yang Anda cintai, menyatakan cintanya. Tapi lain halnya jika pernyataan itu justru terlontar dari orang yang diharapkan.

Apabila dalam situasi ini, mungkin Anda merasa takut atau bingung untuk menolaknya. Sebab, bila salah bicara, bisa saja orang tersebut malah membenci atau dendam dengan Anda. Lantas, bagaimana cara menolak cinta dengan halus? Melansir laman klikdokter, simak tips berikut ini untuk Anda.

Berikan apresiasi

Saat ingin menolak pengakuan cinta dari seseorang, hal utama yang perlu diingat adalah kebaikan orang tersebut. Anda perlu terlebih dahulu mendengarkan maksud dan tujuannya dalam menyatakan perasaan cintanya.

Pastikan tidak menyalahkan, mengejek, atau merendahkan, sekalipun Anda tidak menyukai orang tersebut.

Berikan pujian

Saat menolak cintanya, pastikan untuk melontarkan kata-kata halus sambil sedikit memberikan pujian sederhana. Hal ini dapat membuat sakit hati yang dirasakannya sedikit berkurang.

Cobalah untuk mencari sisi positif dari orang tersebut. Anda bisa sedikit memberikan pujian terhadap penampilan, keberanian, atau kecerdasannya.

Bicara jujur

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menolak cintanya dengan cara lembut dan jujur. Sampaikan juga alasan mengapa Anda menolak cintanya, apakah karena memang belum siap, atau karena masih belum yakin dengan orang tersebut.

Anda juga perlu menyampaikan perasaan kepadanya. Sampaikan kalau memang Anda lebih nyaman dalam hubungan pertemana.

Terima fakta mungkin Anda akan menyakitinya

Anda harus menyadari apa pun yang dikatakan saat menolak cinta seseorang, hal itu mungkin akan menyakiti hati orang tersebut. Atas dasar itu, cobalah untuk bersikap bijak untuk menerima keputusan mereka setelah Anda menolak cintanya.

Jika orang tersebut menghindar atau menjaga jarak dengan Anda, cobalah menghargai keputusannya. Begitupun jika ia memutuskan untuk tetap berteman dengan Anda.

Populer video

Berita lainnya