Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Siwak merupakan pembersih gigi dan mulut yang sudah digunakan sejak zaman dulu, jauh sebelum ditemukannya sikat dan pasta gigi, yang sudah seringkali kita jumpai. Siwak sendiri termasuk kategori semak belukar dan banyak ditemukan di wilayah Timur Tengah.

Ada banyak kandungan alami yang dimiliki siwak seperti alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Selain itu, siwak juga mengandung vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin. Dilansir dari laman Alodokter, berikut manfaat yang bisa anda rasakan dengan rutin membersihkan gigi menggunakan siwak.

Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi

Siwak dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Manfaat ini diperoleh berkat essential oil yang terkandung di dalam siwak, dan cara penggunaannya yang harus dikunyah terlebih dulu sehingga meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Air liur yang dihasilkan ini dapat membantu menjaga keseimbangan pH di rongga mulut. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dapat ditekan. Selain itu, siwak juga bisa menghambat pengeroposan gigi, sehingga turut menjaga kekuatan gigi.

Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas

Bersiwak juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Ini karena batang siwak mengandung zat antibakteri alami, yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. Pada umumnya, produk yang menggunakan bahan dasar siwak akan dikombinasikan dengan daun mint untuk membantu menyegarkan napas.

Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak pada gigi akan mudah terbentuk bila anda malas menyikat gigi setelah makan. Sisa makanan yang menempel di permukaan dan sela-sela gigi akan menumpuk dan membentuk plak. Plak dapat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang pada akhirnya merusak gigi.

Menghindari hal itu, anda bisa membersihkan gigi dengan siwak. Kandungan silika dalam siwak mampu mencegah pembentukan plak gigi. Silika dalam siwak juga efektif untuk menghilangkan noda kuning di gigi.

Melindungi gusi

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah melindungi gusi. Siwak mampu mencegah pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri di antara sela gigi dan gusi sehingga mengurangi risiko terjadinya peradangan pada gusi.

Bagaimana Cara Memakai Siwak?

Bersiwak untuk menyikat gigi cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakannya seperti sedang menyikat gigi memakai sikat gigi biasa. Berikut adalah langkah-langkah ketika anda ingin menggunakan siwak untuk membersihkan gigi:

  • Potong dan kupas ujung siwak sekitar 1 cm.
  • Kunyah ujung siwak yang telah dikupas sampai serat batangnya terbuka dan membentuk bulu.
  • Bila sudah lunak dan membentuk bulu-bulu sikat, segera rendam siwak dalam air.
  • Bersihkan gigi dengan bagian siwak yang sudah berbentuk bulu tersebut.
  • Bila bulu siwak sudah mulai terurai, Anda bisa memotong dan membuang sisa bulu seratnya. Kupas lagi ujung kulit siwak, lalu kunyah untuk membentuk bulu sikat baru.

Populer video

Berita lainnya