Kenali Jumlah Kalori Camilan Khas Buka Puasa, Awas Bikin Gemuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berburu takjil alias menu untuk berbuka, menjadi rutinitas yang seringkali dilakukan masyarakat di bulan Ramadhan. Anda akan menemui beraneka ragam makanan di sepanjang jalan, dengan harga yang terjangkau.

Sebenarnya tak ada salahnya mengonsumsi camilan khas Ramadhan di saat berbuka. Hanya saja, ada baiknya untuk tetap memerhatikan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Sebab jika anda memilih camilan tersebut daripada menu sehat, bisa saja anda kelebihan kalori dan mengalami kenaikan berat badan. Dilansir dari laman halodoc, berikut ini beberapa camilan khas Ramadhan beserta kandungan kalorinya.

Gorengan

Bagi masyarakat Indonesia, gorengan seolah menjadi menu wajib yang harus tersedia di saat buka puasa. Gorengan selalu menjadi makanan pendamping yang hampir tak pernah ketinggalan. Nyatanya dalam satu buah gorengan terdapat 140 kalori (bakwan, pisang, tahu, atau tempe). Rinciannya adalah 56 persen lemak, 40 persen karbohidrat, dan 4 persen protein. Kandungan lemak yang tersebut yang jika tidak dibatasi akan membuat berat badanmu bertambah.

Es Campur

Dalam satu mangkuk es campur terkandung 200-300 kalori, tetapi ini tergantung pada banyaknya bahan-bahan tambahan yang digunakan. Nilai kalori ini setara dengan satu porsi nasi goreng. Jika setelah mengonsumsi es campur kamu masih mengonsumsi makanan lain dengan porsi besar, bukan tidak mungkin tubuhmu akan kelebihan kalori yang kemudian tersimpan menjadi lemak tubuh.

Kolak Pisang

Kolak termasuk makanan khas di setiap bulan Ramadhan. Sebagaimana anjuran para ahli kesehatan, berbuka puasalah dengan makanan yang manis. Selain kurma, kolak salah satu jenis kuliner manis yang menjadi pilihan untuk berbuka.

Kolak pisang yang menggunakan jenis pisang kepok, per porsinya mengandung kalori sekitar 414 kilokalori. Untuk proteinnya adalah 2,9 gram, lemak 20,8 gram, karbohidrat 56,2 gram, sementara serat 3,35 gram. Jika dikonsumsi secara berlebihan, jumlah kalori yang tidak sedikit ini dapat menaikkan berat badanmu.

Biji Salak

Makanan ini juga masuk dalam kategori makanan manis dan cocok untuk berbuka puasa. Menggunakan ubi jalar sebagai komposisi utama, makanan ini kaya akan serat dan cukup baik mengatasi sembelit. Dalam satu porsi Biji Salak, terdapat 199,8 kalori, 1,75 gram protein, 6 gram lemak, 36 gram karbohidrat, dan 2,3 gram serat.

Populer video

Berita lainnya