Ingin Turunkan Berat Badan? Coba Latihan Pernapasan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Latihan Pernapasan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Latihan pernapasan merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Metode ini dilakukan dengan menghirup dan membuang napas menggunakan kesadaran penuh. Bahkan menurut sebuah penelitian, latihan pernapasan juga efektif membantu menurunkan berat badan.

Terdapat sejumlah mekanisme latihan pernapasan yang bisa menurunkan berat badan. Pertama, latihan pernapasan dapat menurunkan kadar hormon kortisol. Berdasarkan riset yang dipublikasikan melalui jurnal Obesity (Silver Spring), hormon kortisol dapat meningkatkan kadar lemak di perut. Dengan menurunnya kadar kortisol (melalui latihan pernapasan), maka berkurang pula keinginan makan berlebih, sehingga intake kalori pun menurun.

Melansir laman klikdokter, setidaknya setidaknya terdapat tiga jenis latihan pernapasan yang efektif dalam menurunkan berat badan:

Latihan pernapasan dalam

Latihan pernapasan dalam dilakukan dengan menghirup napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan secara perlahan. Menurut sebuah studi, pernapasan dalam yang dilakukan secara sadar dan perlahan dapat menurunkan stres. Hal ini karena latihan pernapasan yang dilakukan secara fokus dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, mengoptimalkan proses pencernaan, serta mengurangi ketegangan.

Latihan pernapasan diafragma

Teknik pernapasan diafragma merupakan metode pernapasan yang melibatkan otot perut dan diafragma, yaitu otot besar yang terletak di dasar paru-paru. Pernapasan diafragma bisa dilakukan dalam posisi berbaring maupun duduk. Lalu, letakkan satu tangan di bawah tulang rusuk, dan satu tangan lainnya di tengah dada bagian atas.

Bernapaslah perlahan melalui hidung. Rasakan perut terisi dan mengembang, sehingga mendorong tangan. Sementara, dada harus dalam posisi tidak bergerak. Hal ini menandakan pergerakan diafragma ketika menghirup napas. Kemudian, buang napas secara perlahan, sembari kencangkan otot perut, dan biarkan perut mengempis. Kerucutkan bibir ketika napas diembuskan. Sementara, dada tetap dalam posisi diam.

Selain dapat meningkatkan kapasitas paru, teknik pernapasan diafragma bermanfaat menurunkan berat badan. Bahkan seseorang yang rutin melakukan latihan pernapasan diafragma berpeluang mengalami penurunan berat badan signifikan.

Latihan penapasan senobi

Teknik pernapasan asal Jepang ini dilakukan dalam posisi duduk dan bersandar. Kemudian, regangkan tangan di atas kepala, lalu hirup dan embuskan napas perlahan selama beberapa kali. Sebuah riset mengungkapkan, individu yang rutin menjalani latihan pernapasan Senobi selama satu bulan mengalami penurunan berat badan signifikan.

Populer video

Berita lainnya