Ketahui Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komedo merupakan kotoran yang berasal dari sel kulit mati yang menempel apda permukaan kulit. Gangguan ini umumnya muncul di wajah dan menjadi cikal bakal jerawat.

Bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut, salah satu cara untuk menghilangkannya adalah menggunakan bahan alami. Melansir laman halodoc, bahan alami tersebut di antaranya:

Oatmeal

Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan oatmeal, 3 sendok makan yoghurt, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas.

Putih telur

Membuat masker dari putih telur, Anda bisa mencampurkan 3 putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Oleskan di wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Gula

Untuk menghilangkan komedo membandel, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak zaitun, kacang almond, atau jojoba. Aplikasikan pada seluruh wajah sebagai scrub, lalu bilas. Guna hasil yang maksimal,  lakukan satu kali seminggu.

Baking soda

Baking sida dapat membantu menetralkan ketidakseimbangan pH kulit. Dalam mengatasi komedo, bahan ini bekerja sebagai pengelupas kotoran, minyak, dan sel kulit mati di permukaan kulit.

Tea tree oil

Caranya, oleskan secara teratur di bagian wajah yang rentan berminyak, seperti dahi, hidung, atau dagu. Bahan ini bekerja dengan membunuh bakteri penyebab komedo dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kayu manis dan lemon

Bahan ini berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan pori-pori. Sementara sifat antibakteri dalam lemon bekerja dengan mencegah komedo dan jerawat di permukaan kulit.

Cara membuat masker dari kedua bahan di atas adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk kayu manis dan air perasan lemon. Aplikasikan bahan itu ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas.

Tomat

Tomat mengandung tinggi vitamin C dan A yang membantu mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan menyerap minyak berlebih. Cara membuatnya, hancurkan 1 buah tomat dan aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan sampai kering, kemudian bilas.

Bubuk kopi

Campurkan ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir bubuk kopi. Aduk rata hingga mengental dan bertekstur pasta. Lalh aplikasikan pada kulit wajah, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas.

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang mampu menghilangkan komedo secara permanen. Caranya, hancurkan buah yang sudah matang dan aplikasikan sebagai masker wajah. Kemudian, cuci sampai bersih.

Populer video

Berita lainnya