Terapkan Kebiasaan Ini Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bersih Bersih Rumah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki rumah bersih dan rapi tentu menjadi dambaan setiap orang. Nah, untuk mendapatkannya, Anda harus konsisten dalam menjaga kebersihan dan kerapihan rumah setiap saat. Terpenting adalah tidak menumpuk pekerjaan membersihkan rumah di satu waktu saja. Sebab, hal itu bisa sangat merepotkan dan justru membuat Anda malas.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan kebiasaan rutin sehari-hari agar kebersihan rumah tetap terjaga. Ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda terapkan dalam menjaga kebersihan rumah. Melansir laman hellosehat, berikut ini di antaranya:

Membersihkan tempat tidur segera setelah bangun tidur

Waktu yang tepat untuk membersihkan dan merapihkan tempat tidur adalah setelah Anda bangun tidur. Selain itu, biasakan membuka jendela kamar di pagi hari. Hal ini bertujuan agar udara segar dan cahaya matahari bisa masuk ke kamar tidur sehingga kamar tidak lembab dan menjadi tempat perkembangbiakan tungau.

Mencuci pakaian setelah dipakai

Mungkin terkesan merepotkan. Tapi sebenarnya, mencuci baju setiap hari jauh lebih ringan daripada menumpuknya di akhir pekan. Kebiasaan ini akan menjadi cara yang dapat meringankan Anda dalam menjaga kebersihan rumah. Pasalnya, Anda hanya perlu mencuci sedikit baju setiap harinya.

Selain itu, kotoran yang melekat pada pakaian akan lebih mudah dibersihkan bila dicuci segera daripada dibiarkan sampai berhari-hari.

Membersihkan dapur setelah memasak

Mengutip Cleveland Clinic, ternyata 9% kejadian keracunan makanan berasal dari bakteri yang mengontaminasi di dapur sendiri. Oleh karena itu, pastikan dapur Anda senantiasa bersih. Usakahan untuk selalu membersihkannya begitu selesai memasak. Kebiasaan akan menjadi salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Mencuci piring setelah makan

Kegiatan ini lebih baik daripada menunggu piring kotor menumpuk. Mencuci piring segera setelah makan bisa salah satu cara jitu untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Pasalnya, bekas piring yang kotor bisa menjadi sarang kuman yang membawa penyakit.

Piring kotor di wastafel juga dapat mengundang aroma yang tidak sedap, apalagi bila masih banyak sisa-sisa makanan di sana. Selain itu, piring kotor yang dibiarkan menumpuk juga bisa mengundang kecoak untuk datang ke rumah Anda.

Membuang sampah pada tempatnya

Sampah yang berserakan tentunya membuat rumah Anda menjadi kotor. Bukan hanya mengganggu pemandangan, hal ini juga bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu, ajak seluruh anggota keluarga untuk membiasakan diri menjaga kesehatan rumah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Bersihkan rumah sebelum tidur

Sebelum tidur, ajak seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak untuk membersihkan rumah. Lakukan paling tidak selama 15 menit setiap malam. Fokuskan kegiatan ini pada area yang memang penting untuk dibersihkan. Membersihkannya bersama-sama tentu akan lebih ringan.

Buat jadwal membersihkan rumah menyeluruh

Biasakan untuk menjaga kebersihan rumah adalah membersihkan rumah secara menyeluruh, misalnya setiap bulan atau 2 kali sebulan. Bila perlu, gunakan disinfektan agar seluruh rumah bebas dari kuman, virus, dan serangga pembawa penyakit. Momen ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian-bagian rumah yang jarang diakses sehari-hari, seperti sudut-sudut ruangan, belakang lemari, gudang, dan sebagainya.

Populer video

Berita lainnya