Sederet Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Aktifitas Bersama Keluarga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Keluarga seringkali disebut menjadi prioritas utama, namun tak sedikit orang yang kesulitan untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Sejumlah orang tua harus pergi bekerja bekerja sedari pagi dan pulang larut malam, atau bahkan berulang kali tugas ke luar kota. Lantas bagaimana cara sederhana agar bisa tetap meluangkan waktu bersama keluarga? Melansir laman hellosehat, simak ulasannya.

Makan bersama

Cobalah untuk meluangkan waktu untuk sarapan atau makan malam bersama keluarga. Menurut sebuah penelitian yang, makan bersama keluarga menjaga dan mengembangkan kesehatan mental anak hingga ia dewasa.

Bahkan, anak akan memiliki kemampuan bersosialisasi lebih baik. Hal ini karena saat makan malam, para orang tua melatih kemampuan anak berinteraksi, membicarakan masalah bersama, dan kondisi keseharian mereka.

Bicarakan masalah bersama keluarga

Luangkan waktu baik saat makan bersama ataupun sebelum tidur untuk mengobrol bersama keluarga. Kebiasaan ini akan membantu anak tumbuh dengan memiliki mekanisme koping yang lebih sehat saat dia memiliki masalah. Selain itu, membentuk kebiasaan membicarakan masalah bersama di keluarga juga dapat membantu menghilangkan stres dan menemukan solusi yang efektif.

Mengerjakan PR bersama anak

Anda bisa meluangkan waktu sepulang kerja untuk membantu anak belajar atau mengerjakan PR mereka. Bahkan jika Anda hanya bertanya seperti apa hari yang mereka lalui atau apa yang mereka pelajari hari itu, hal tersebut akan bermanfaat bagi perkembangan mental anak.

Menurut penelitian, anak-anak sekolah dasar yang menghabiskan waktu bersama orang tua cenderung berprestasi lebih baik. Karena bersama orang tua, mereka belajar keterampilan komunikasi dan pentingnya pendidikan.

Aktivitas fisik bersama

Berkegiatan di luar ruangan seperti olahraga, mendaki, atau berkebun bersama keluarga membantu meningkatkan kebugaran. Anda bisa meluangkan waktu ketika akhir pekan untuk melakukan banyak aktivitas fisik bersama. Di samping itu, melakukan aktivitas fisik bersama keluarga juga dapat meningkatkan kebiasaan olahraga dan gaya hidup sehat lainnya.

Dalam jangka panjang, aktivitas ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, hormonal, dan kekebalan tubuh. Berkumpul bersama keluarga juga bisa saling menyemangati untuk menjaga pola hidup sehat.

Populer video

Berita lainnya