Jenis Pisang yang Baik dan Tidak untuk Menurunkan Berat Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pisang merupakanan buah yang kaya akan karbohidrat. Mereka adalah sumber yang baik untuk mendukung otot kalium, folat dan triptofan, yang memberikan energi. Terlepas dari semua hal baik tentang pisang, ada satu jenis-jenis yang kurang baik untuk dimakan.

Bukan berarti pisang itu buruk untuk anda, tetapi ada jenis tertentu yang tidak baik untuk anda. Sebab, setiap kematangan pisang menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dilansir dari laman Times of India, ada jenis yang kurang baik untuk dikonsumsi dan juga yang bagus jika anda sedang mencoba menurunkan berat badan.

Pisang terlalu matang – Lebih buruk untuk menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa pisang yang terlalu matang, yang memiliki bintik-bintik coklat, adalah yang paling buruk untuk dikonsumsi. Saat pisang matang, manfaat yang dikandungnya berkurang dan berubah menjadi gula.

Pisang ukuran sedang yang terlalu matang mengandung 17,4 gram gula. Sedangkan pisang kuning dengan ukuran yang sama hanya mengandung 14,4 gram gula. Ini berarti ada peningkatan gula sebesar 3 gram dari glukosa dan fruktosa dalam pisang matang.

Kadar gulanya meningkat karena kandungan di dalam pisang yang merupakan karbohidrat kompleks, secara alami terurai menjadi gula dari waktu ke waktu.

Pisang kuning – Pilihan bagus

Pisang kuning dengan kematangan sempurna sangat enak untuk dimakan. Anda akan mendapat semua manfaat dari pisang saat anda mengonsumsinya.

Pisang hijau – Terbaik untuk menurunkan berat badan

Pisang yang kurang matang atau pisang berwarna hijau, dikenal karena kandungan gulanya yang lebih rendah. Kandungan yang ada di dalamnya pun baik untuk pencernaan, karena tidak dapat diuraikan oleh enzim perut, yang dengan demikian membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Berbicara tentang menurunkan berat badan, pati resisten dan kandungan gula rendah dari pisang hijau menjadikannya pilihan terbaik jika anda mencoba menurunkan berat badan. Namun, mereka agak sulit untuk dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari anda, sehingga pilihan terbaik lainnya adalah pisang kuning.

Pisang yang terlalu matang memang memiliki kadar gula lebih tinggi. Tetapi jika dikonsumsi dengan mengkombinasikannya bersama makanan rendah pencernaan seperti selai kacang, kacang-kacangan, roti gandum, masih bisa menyehatkan dibanding dengan hanya makan roti tawar saja.

Populer video

Berita lainnya