Tips Memilih Olahraga yang Cocok dan Tepat untuk Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga untuk Remaja Perempuan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyaknya jenis olahraga yang ada mungkin membuat Anda bingung memilih yang tepat untuk kondisi dan kebutuhan tubuh. Sementara untuk memperoleh kebugaran yang maksimal, olahraga harus dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, pilihlah jenis olahraga yang benar-benar akan kamu lakukan secara berkelanjutan. Gak perlu bingung, melansir laman klikdokter, berikut cara memilih jenis olahraga yang tepat untuk Anda.

Sesuaikan dengan Target

Sebelum memilih jenis olahraga, sebaiknya tentukan terlebih dahulu target yang ingin dicapai. Tentu saja target setiap orang berbeda-beda. Bagi seseorang yang ingin memperoleh bentuk tubuh ideal, olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan yang tepat baginya. Namun, belum tentu hal tersebut cocok untukmu.

Sesuai Jadwal

Setiap orang memiliki rutinitas harian yang berbeda-beda. Alangkah baiknya memilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan jadwal harian. Selain itu, perlunya memperkirakan durasi olahraga dengan waktu yang kamu miliki. Kemudian, sesuaikan lokasi olahraga dengan tempat tinggal atau kerja Anda.

Sesuai Kesukaan

Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing, termasuk dalam hal olahraga. Jadi, cara memilih olahraga yang sesuai harus berdasarkan preferensi pribadi. Anda juga bisa memilih olahraga yang cenderung disukai banyak orang, misalnya sepak bola. Dengan kesamaan minat dalam melakukan jenis olahraga yang sama, mungkin Anda dan teman-teman olahraga bisa saling memotivasi.

Sesuai Gen

Genetik dianggap berperan dalam performa olahraga seseorang, seperti endurance dan power. Oleh karenanya, memilih olahraga yang sesuai, caranya bisa dengan memperhatikan kecenderungan keluargamu. Dengan melakukan pemetaan genetik terkait dengan performa olahraga, diharapkan dapat menyediakan program latihan yang sesuai dengan potensi genetik orang tersebut.

Sesuai Bujet

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih olahraga yang tepat adalah berapa banyak bujet yang dialokasikan untuk olahraga. Beberapa jenis olahraga memang membutuhkan anggaran, seperti Fitness misalnya yang membutuhkan biaya bulanan.

Jika belum memiliki alokasi dana yang besar, Anda bisa memilih olahraga yang murah atau bahkan tidak membutuhkan anggaran. Misal, joging atau aerobik yang dapat dilakukan di rumah.

Olahraga Sosial atau Tim Bisa Dipertimbangkan

Perlu memperhatikan konsistensi dalam berolahraga. Ini dimaksudkan agar Anda termotivasi untuk melakukannya. Bagi beberapa orang, salah satu yang membuat seseorang betah untuk melakukan olahraga adalah ketika mereka memiliki teman untuk berolahraga. Apabila kamu termasuk orang yang senang dengan olahraga tim, pilihlah olahraga yang melibatkan tim.

Populer video

Berita lainnya