Tips Menerapkan Empati dalam Bermedia Sosial

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rasa Empati
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Empati adalah kemampuan seseorang dalam memahami apa yang orang lain rasakan. Namun masing-masing orang memiliki tingkat empati yang berbeda. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor seperti lingkungan sosial, cara pandang, pola asuh orang tua, pengalaman masa kecil.

Agar rasa empati terus ada, dapat diterapkan dengan beberapa cara. Terlebih di zaman media sosial saat ini, dimana semua orang seolah bebas menilai siapa saja. Dengan menumbuhkan rasa empati, setidaknya kita bisa saling menghormati dan menghargai orang lain. Melansir laman halodoc, berikut sikap yang bisa dibentuk atau diperkuat untuk terus menumbuhkan rasa empati.

Rasa Ingin Tahu

Keingintahuan yang tinggi bisa menimbulkan rasa empati. Sebab, Anda akan dihadapkan dengan pandangan, masalah dan gaya hidup yang berbeda. Bukan hanya orang terdekat, hal ini juga bisa diterapkan pada orang yang baru ditemui.

Membantu Orang Lain Memahami Perasaannya

Saat ada orang yang bercerita, tunjukan sikap empati dengan membantu memahami persoalan yang mereka rasakan. Sekalipun Anda tidak setuju dengan ceritanya, memvalidasi perasaan mereka adalah langkah penting dalam berempati.

Menempatkan Diri pada Posisi Seseorang

Ketika tidak sengaja menemui orang yang kurang beruntung, coba posisikan diri Anda sebagai mereka. Bayangkan bagaimana emosi yang sedang mereka rasakan? Apakah saat ini sedang kelaparan atau butuh pertolongan? Membenamkan diri dalam kehidupan dan pengalaman orang lain menjadi langkah baik untuk meningkatkan rasa empati.

Mengikuti Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah sekumpulan orang yang terstruktur dan memiliki satu tujuan yang sama. Membantu orang lain, misalnya. Organisasi ini dapat melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan bantuan. Dengan begitu, rasa empati perlahan akan muncul karena sering berhadapan langsung dengan orang dari latar belakang berbeda.

Populer video

Berita lainnya