Google Doodle Hari Ini Kenang Sosok Donald Pandiangan, Robin Hood Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Google Doodle Donald Pandiangan
Foto: Google

Celebrithink.com – Google Doodle hari ini, Senin (12/12/2022) mengenang Donald Pandiangan. Sosoknya dikenal sebagai Robin Hood Indonesia.

Pria bernama lengkap Donald Djatunas Pandingan ini lahir pada 12 Desember 1945 di Sidikalang, Sumatra Utara. Dia anak kesepuluh dari sebelas bersaudara. Semasa kecil, Donald Pandiangan bercita-cita menjadi seorang insinyur. Namun kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah.

Julukan Robin Hood Indonesia sendiri disematkan pada Donald Pandiangan lantaran segudang prestasi yang dia torehkan dalam dunia panahan. Dia memenangkan lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panahnya di Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games).

Tak hanya itu, Donald Pandiangan mengantar tim panahan yang dilatihnya memenangkan medali olimpiade pertama bagi Indonesia pada 1998. Adalah Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani yang berhasil merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988.

Donald Pandiangan meninggal dalam usia 62 tahun pada 20 Agustus 2008, setelah dirawat sejak 17 Agustus 2008 di RS Cikini Jakarta akibat menderita stroke.

Populer video

Berita lainnya