Ini Manfaat Rehat dari Media Sosial bagi Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Detoks Media Sosial
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di zaman internet seperti sekarang ini, media sosial seolah menjadi hal tidak terpisahkan bagi kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya hingga berjam-jam, demi memantau apa saja yang terjadi di laman media sosial.

Padahal, informasi yang tersebar di media sosial sulit untuk disaring, dan diantaranya terkadang mengandung muatan negatif. Tentu hal ini dapat memberikan dampak buruk, termasuk pada kesehatan mental. Melansir laman halodoc, ini manfaat yang bisa Anda rasakan dengan rehat sejenak dari media sosial.

Mengurangi Stres

Stres berhubungan erat dengan kesehatan mental. Berhenti sejenak dari media sosial dapat mengurangi perasaan stres, terutama jika terlalu berlebihan. Cobalah untuk berhenti selama satu minggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Mencegah Depresi dan Rasa Cemas

Perilaku ketergantungan pada media sosial, seperti terus-menerus melakukan pengecekan dan ketagihan adalah faktor risiko dari kecemasan, depresi, bahkan tekanan psikologis.

Pembatasan penggunaan media sosial hanya 30 menit per harinya memberikan efek yang baik bagi kesehatan mental. Hal ini dapat mengurangi perasaan kesepian dan depresi pada seseorang yang sudah mulai mengalami ketergantungan.

Mengurangi Perasaan Cemas

Menjauhi media sosial dapat membantu dalam mengurangi perasaan cemas dan kesepian tersebut yang disebabkan FOMO. Cobalah untuk rehat sejenak dari media sosial. Dengan merasakan manfaatnya, Anda dapat melanjutkan atau membatasi penggunaannya setiap harinya.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Pada penelitian dari Nottingham Trent University, para peserta diminta tidak menggunakan media sosial selama seminggu. Dilaporkan jika terdapat peningkatan signifikan terhadap kesehatan mental dan hubungan sosial yang lebih baik. Hal ini juga mengurangi masalah FOMO yang dirasakan sebelumnya.

Populer video

Berita lainnya