Ini Manfaat Puasa bagi Pengidap Hipertensi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya menjadi ibadah wajib, secara klinis puasa memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Salah satunya bagi pengidap hipertensi. Saat bulan Ramadhan, pengidap hipertensi pastinya akan mengalami perubahan pola makan. Disadari atau tidak, perubahan ini justru baik untuk tekanan darah pengidap hipertensi.

Tidak hanya diperbolehkan, pengidap hipertensi malah dianjurkan untuk berpuasa. Pasalnya, ibadah tersebut bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatannya. Dilansir dari laman Halodoc, berikut ini manfaat puasa untuk pengidap hipertensi.

Membantu menurunkan tekanan darah

Naiknya tekanan darah biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak terkontrol dan emosi yang tidak terkendali. Ketika berupasa, anda belajar untuk menahan emosi dan tidak marah-marah. Selain itu, tubuh akan mengurangi produksi hormon-hormon tertentu, seperti hormon adrenalin yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Dengan demikian, berpuasa dapat membuat tekanan darah kamu berangsur normal.

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain adalah bisa menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah akan menyebabkan terbentuknya endapan kolesterol. Ini bisa memperburuk kekakuan pada pembuluh darah yang berkaitan dengan hipertensi.

Dr. Benjamin D. Horne, direktur kardiovaskular dan epidemiologi genetik di Intermountain Medical Center Heart Institute, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa saat seseorang berpuasa secara teratur dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Membuang racun dalam tubuh

Puasa juga bermanfaat sebagai proses detoksifikasi tubuh. Sebab selama kamu berpuasa, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan racun melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Dengan manfaat ini, tubuh pengidap hipertensi pun menjadi lebih sehat daripada sebelumnya.

Populer video

Berita lainnya