Simak Manfaat Biji Pala untuk Kecantikan Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Biji Pala
Foto: Istimewa

Celebrihtink.com – Selama ini biji pala dikenal sebagai bumbu penyedap dan penambah aroma masakan. Namun ternyata, biji pala juga bisa digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit, lho. Kandungan dalam biji pala dapat berperan sebagai antiseptik, antibakteri, antiperadangan, analgesik, dan antioksidan. Melansir laman klikdokter, berikut manfaat biji pala untuk kecantikan kulit wajah.

Mengatasi jerawat

Biji pala diyakini mengandung sifat antimikroba dan antiperadangan. Hal ini membuat biji pala dapat mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan biji pala sebagai masker oles di wajah.

Caranya, campurkan biji pala yang sudah dihaluskan dengan madu dan sedikit susu. Aduk bahan-bahan hingga tercampur rata, setelah itu oleskan ke wajah. Diamkan di wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mencerahkan kulit

Kandungan minyak biji pala sering kali ditemukan dalam produk pembersih wajah atau pelembap. Kandungan ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Anda bisa menggunakan minyak pala sebagai skincare sehari-hari. Caranya mudah, tuangkan sedikit minyak biji pala ke wajah dan beri pijatan lembut. Kemudian, diamkan sampai minyak pala meresap sempurna ke kulit.

Mengurangi kerutan wajah

Zat antioksidan dalam biji pala kemungkinan bisa memperlambat tanda penuaan berupa kerutan di kulit. Anda bisa mengonsumsi biji pala yang dicampur ke dalam minuman dan makanan. Anda juga dapat membubuhkan sedikit bubuk biji pala ke dalam campuran satu sendok teh madu, satu sendok plain yoghurt, satu sendok sari lemon, dan sejumput bubuk kayu manis.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut di kulit wajah dan diamkan 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk berbahan lembut.

Mengangkat sel kulit mati

Biji pala kerap digunakan sebagai bahan tambahan untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan kulit terluar. Setelah eksfoliasi, kulit bisa tampak lebih cerah dan halus.

Membuat bahan eksfoliasi ini cukup mudah. Campurkan satu sendok bubuk pala, satu sendok teh madu, satu sendok teh baking soda, dan satu sendok sari cuka apel. Setelah tercampur, gunakan di wajah selama 2 menit. Sesudahnya, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk secara perlahan.

Mengurangi minyak berlebih di wajah

Campur sejumput biji pala dengan 1 sendok teh witch hazel. Aplikasikan ke wajah, diamkan selama 2 menit lalu basuh dengan air dingin. Setelah itu, jangan lupa gunakan pelembap. Namun, meski dipercaya berkhasiat untuk kecantikan kulit, manfaat di atas belum ada yang terbukti secara klinis dan medis. Maka itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan biji pala.

Populer video

Berita lainnya