Kenali Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain kolak pisang, timun suri menjadi buah yang paling populer di bulan Ramadhan. Itu sebabnya setiap bulan puasa tiba, banyak pedagang yang menjajakan timun suri. Tak dipungkiri, timun suri memang menjadi santapan berbuka yang menyegarkan.

Selain Kepopulerannya, ternyata timun suri juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, yang biasanya terdapat pada produk hewani seperti ikan. Oleh karenanya timun suri memilik banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari laman halodoc, berikut manfaat timun suri bagi kesehatan.

Mengontrol tekanan darah

Timun suri memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah karena kandungan potasium dalam jumlah yang baik di dalamnya. Potasium membantu mengontrol saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot yang selanjutnya memengaruhi tekanan darah.

Mengontrol kolesterol

Kandungan serat yang tinggi pada timun suri bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol. Seratnya mampu membuang racun dan langsung membawa kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu, mengonsumsi timun suri dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Kesehatan pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi pada timun suri mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Maka itu, konsumsi buah timun suri dapat mencegah beberapa masalah pencernaan seperti sembelit.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Daging buah timun suri ternyata baik untuk kesehatan jantung. Buah ini juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang mampu menunjang kesehatan jantung.

Menghidrasi tubuh

Timun suri memiliki kandungan air yang sangat baik. Mengonsumsi timun suri secara teratur bisa mengembalikan hidrasi tubuh, terutama setelah seharian berpuasa.

Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat mengonsumsi timun suri juga bisa dirasakan pada kulit. Timun suri dapat digunakan sebagai masker wajah alami, untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Masker buatan yang alami ini direkomendasikan terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kering.

Meningkatkan mood

Kandungan vitamin B6 pada timun suri mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Ini adalah salah satu hormon yang berperan dalam mengontrol mood dan memberikan perasaan bahagia.

Populer video

Berita lainnya