Stres Mempengaruhi Kualitas Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur merupakan aktivitas penting yang membuat kondisi anda bugar, dan mampu mengatasi stres. Sayangnya banyak orang yang sibuk dan stres, sehingga kurang tidur yang sangat dibutuhkan tubuh.

Jika anda mengalami stres, itu yang justru membuat anda sulit tidur. Bahkan kurang tidur akan membuat tingkat stres anda semakin meningkat. Oleh karena itu, berikut ini beberapa stres yang memengaruhi tidur anda serta cara mengatasinya, seperti dilansir dari laman Female First.

Kebanyakan berfikir

Banyak orang tidak bisa berhenti berpikir. Anda mungkin berpikir tentang apa yang perlu anda kerjakan, atau memilih kata yang tepat untuk membalas email kepada atasan. Anda mungkin berpikir tentang pakaian yang tepat untuk menghadiri acara khusus. Jika pikiran anda terlalu banyak bekerja, segeralah berbaring alias tidur.

Kafein

Orang yang stres sering kali beralih ke kafein untuk mengatasi rasa pusing akibat kurang tidur. Jika Anda minum kopi, teh hitam, atau soda sepanjang hari, tubuh anda tidak dapat membersihkan semua kafein sebelum tidur. Kafein juga bisa memperburuk stres yang sedang dialami. Kondisi yang demikian akan membuat anda susah tidur.

Kortisol

Kortisol adalah hormon stres. Itulah yang memicu anda untuk berlari dari bahaya atau melawannya. Ini memberi anda dorongann energi. Saat stres, tubuh anda akan memproduksi hormon itu lebih banyak. Kortisol secara langsung mengganggu siklus tidur.

Terlalu banyak jadwal

Kebanyakan orang punya sederet jadwal tugas yang lebih panjang, daripada waktu untuk mengerjakannya. Kesibukan membuat anda tidak bisa tidur. Jika anda menunda waktu tidur untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, anda akan merasa lelah dan pada akhirnya menjadi kurang efektif saat mengerjakan tugas anda.

Kegelisahan

Kecemasan membuat banyak orang terjaga di malam hari. Pikiran anda terus membahas tentang skenario “bagaimana-jika”. Anda sibuk memecahkan masalah untuk masalah yang bahkan belum ada. Kecemasan membuat tingkat kortisol tetap tinggi.

  • Cara Mengatasi Stres yang Mengganggu Tidur

Pertahankan waktu tidur yang teratur. Mulailah dengan mematikan telepon satu jam sebelum anda tidur. Atur rutinitas malam seperti membaca buku selama 30 menit, minum secangkir susu hangat atau mandi air hangat. Menyikat gigi dan berdoa.

Lepaskan stres anda. Tuliskan apa yang mengganggu, karena dapat membantu anda untuk terus mengingatnya. Gunakan pernapasan atau relaksasi otot untuk mengurangi stres fisik. Waktu intim dengan pasangan anda adalah pereda stres yang baik.

  • Jaga kebersihan kamar dan tempat tidur

Jika kasur anda sudah berusia lebih dari 10 tahun, gantilah. Dapatkan yang sesuai dengan bentuk, ukuran dan kesehatan tubuh anda saat ini. Jaga kamar tidur anda tetap tenang, sejuk, dan gelap. Singkirkan apa pun yang membuat stres, seperti tumpukan tagihan atau materi terkait pekerjaan. Aromaterapi juga dapat membantu anda tidur. Jika jadwal kerja anda tidak bisa diubah, cobalah sesekali tidur siang. Tidur siang 30 menit sekali sehari dapat membantu anda saat beraktivitas. Ini juga dapat membantu menurunkan tingkat stres anda.

  • Meminta bantuan

Stres anda mungkin sulit untuk diatasi sendiri. Jika Anda menghadapi kesedihan, kehilangan pekerjaan, ketidakamanan finansial, depresi, atau masalah serius lainnya, carilah layanan dari para ahli. Terapi perilaku kognitif adalah jenis pengobatan untuk mengatasi depresi, stres, dan kecemasan. Sesi konseling dengan terapis dapat membantu anda menyusun beberapa strategi khusus untuk mengatasi stres dalam hidup.

Populer video

Berita lainnya