Gugup Menghadapi Wawancara Kerja? Ini yang Perlu Dilakukan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin kebanyakan kalian merasa gugup saat menghadapi wawancara kerja. Cemas, khawatir, takut, bercampur menjadi satu ketika berhadapan dengan pewawancara sebuah perusahaan.

Alih-alih melawan perasaan ini, akan lebih baik jika kita mencoba menerimanya dan mengambil sebuah tindakan agar proses wawancara menjadi lancar. Nah berikut ini beberapa tips agar anda tenang sebelum wawancara, seperti dilansir dari laman Times of India.

Datang lebih awal

Ketika cemas melanda karena akan menghadapi wawancara pekerjaan, kondisi itu akan menjadi lebih buruk lantara anda datang terlambat. Mulailah berangkat dari rumah lebih awal, sehingga anda tiba di lokasi wawancara tepat waktu. Dengan begitu, anda dapat meluangkan waktu sesaat untuk menenangkan diri, sebelum berhadapan dengan pewawancara.

Persiapkan diri dengan baik

Seringkali orang mengkhawatirkan pertanyaan yang mungkin tidak dapat mereka jawab saat sesi wawancara. Solusinya, jangan hanya berhenti pada mempersiapkan pertanyaan yang sudah jelas. Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk melakukan simulasi wawancara. Selain itu, lakukan juga riset kecil tentang perusahaan yang anda lamar. Jangan ragu mencari tahu, karena anda perlu lebih banyak persiapan.

Membayangkan jalani wawancara

Kadang-kadang membayangkan adegan wawancara dan mengeksplorasi semua opsi bisa sangat membatu. Ini juga membantu anda melawan rasa takut pada pertanyaan-pertayaan yang tidak diketahui dan dilontarkan si pewawancara.

Mengenakan pakaian yang rapih dan nyaman

Saat mengenakan pakaian yang kurang rapih, mungkin anda akan merasa tidak nyaman dan berpotensi meningkatkan rasa gugup. Untuk menghindarinya, kenakan sesuatu yang rapih dan sopan dan membuat anda merasa. Kemudian, tata pakaian dan barang-barang yang akan anda bawa malam sebelumnya.

Jangan menganggap kandidat lain terlalu serius

Jika menjalani wawancara langsung, kemungkinan besar anda akan berbicara dengan kandidat lain, terutama mereka yang lebih dulu keluar dari ruang wawancara. Tentunya anda merasa senang dapat mengetahui tentang pertanyaan yang dilontarkan pewawancara kepada mereka. Tapi bukan tidak mungkin mereka mencoba menyesatkan anda. Jadi, gunakan penilaian dengan hati-hati dan terapkan intuisi anda.

Berpikir positif

Setelah mengatakan dan melakukan segalanya, tidak ada yang bisa mengalahkan dari kekuatan berpikir positif. Semakin anda mengungkapkan rasa takut dan berpikir negatif, anda akan semakin kehilangan kendali. Berpikir positif dan taklukkan rasa takut anda dengan pikiran bahagia.

Populer video

Berita lainnya