5 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Pori-Pori di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak masalah kulit yang mengantui setiap hari. Salah satunya pori-pori membesar, yang dapat menyebabkan pembentukan kelencar sebaceous dan yang melepaskan minyak. Namun setelah beberapa saat, minyak tersebut justru menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat.

Tentunya kondisi ini membuat wajah anda terlihat tak maksimal. Jika anda juga memiliki masalah tersebut, tak ada salahnya mencoba cara sederhana ini, seperti dilansir dari laman Times of India.

Mentimun dan lemon

Mentimun adalah bahan terbaik untuk mengucapkan selamat tinggal pada pori-pori yang membesar. Pasalnya, kandungan silika yang tinggi pada sayuran ini tidak hanya memberikan tampilan awet muda pada kulit, tetapi juga membantu mengencangkan pori-pori yang besar. Cobalah mencampurkan lemon ke dalamnya untuk hasil yang lebih baik. Sebab zat pada lemon akan mengurangi tampilan pori-pori yang jelek.

Anda cukup mencampurkan dua sendok makan jus mentimun, dengan satu sendok makan jus lemon untuk. Sekarang, oleskan ramuan tersebut ke wajah anda dengan kapas. Biarkan hingga mengering, lalu bersihkan wajah anda dengan air dingin.

Kulit pisang

Mungkin sebagian kalian sangat menyukai buah pisang. Tapi apakah anda terpikir tentang manfaat kulit pisang? Ya, salah satunya untuk membuat kulit wajah anda menjadi halus. Kulit pisang mengandung lutein yang merupakan antioksidan untuk membantu menutrisi kulit. Selain itu, kulit pisang mengandung kalium yang membuat kulit menjadi mulus.

Caranya, ambil kulit pisang dan gosokkan ke kulit anda dengan gerakan memutar. Lanjutkan menggosok selama lima belas menit, lalu basuh wajah anda dengan air dingin. Cobalah lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk mengecilkan pori-pori wajah anda yang besar.

Fuller’s Earth

Fuller’s Earth atau Multani Mitti tidak hanya mengurangi jerawat, tetapi juga membantu mengurangi pori-pori karena mampu menyerap minyak dan kotoran dari pori-pori terbuka. Ia juga membantu pengelupasan sel kulit mati.

Yang Anda butuhkan hanyalah dua sendok makan Fuller’s Earth dan sedikit air untuk membuat pasta kental. Oleskan ke wajah dan biarkan hingga kering. Setelah mengering, basuh wajah anda dengan air dingin. Menggunakannya seminggu sekali bisa mengencangkan pori-pori anda.

Kunyit

Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan (membunuh bakteri yang tumbuh di dalam pori-pori), dan mengurangi pembengkakan di sekitar pori-pori. Ambil satu sendok teh bubuk kunyit, dan campur dengan beberapa tetes air. Sekarang, oleskan ramuan itu ke kulit anda dan biarkan selama sepuluh menit. Setelahnya cuci dengan air dingin.

Sereal gandum dan susu

Sarapan terbaik dan exfoliator terbaik untuk kulit, sereal dapat digunakan untuk menyerap kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Untuk mengecilkan pori-pori yang membesar, campurkan dua sendok makan oat dengan satu sendok makan susu. Sekarang, oleskan campuran tersebut ke kulit anda, dan biarkan mengering. Setelah mulai mengering, gosoklah wajah anda selama beberapa menit. Setelahnya, cuci dengan air dingin.

Populer video

Berita lainnya