Ketahui Cara Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Anyang anyangan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah merasakan sensasi rasa nyeri atau perih saat buang air kecil atau yang biasa disebut dengan istilah anyang-anyangan. Ya, anyang-anyangan bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tapi pengidapnya pun akan kewalahan karena harus bolak-balik kamar mandi beberapa kali dalam satu jam.

Pengidap cenderung tidak bisa menahan hasrat buang air kecil meski urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Melansir laman halodoc, berikut ini cara mengatasi anyang-anyangan guna meringankan gejala yang dialami.

Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil justru dapat memicu bakteri berkembang biak. Ini juga akan membuat gejala anyang-anyangan semakin memburuk. Sering buang air kecil dapat mengeluarkan bakteri yang terperangkap di saluran kemih. Bakteri akan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

Kompres hangat

Letakkan bantalan kompres di area perut bagian bawah. Lakukan cara ini selama 15 menit. Jika anyang-anyangan tidak juga membaik, kamu bisa lakukan cara ini beberapa kali sehari.

Banyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, minum banyak air juga ampuh meredakan gejala anyang-anyangan. Minum air meningkatkan hasrat buang air kecil. Ini membuat bakteri penyebab anyang-anyangan keluar dari dalam tubuh bersamaan dengan urine. Semakin banyak urine dikeluarkan, makin banyak bakteri yang terbuang.

Memakai pakaian longgar

Bakteri penyebab anyang-anyangan tumbuh subur di area hangat dan lembap. Kamu disarankan untuk tidak mengenakan celana dalam atau jeans terlalu ketat. Sebaiknya kenalan rok atau celana longgar dari bahan katun. Area sensitif pengidap perlu mendapatkan sirkulasi yang baik agar pertumbuhan bakteri bisa ditekan.

Hindari makanan atau minuman tertentu

Saat mengalami gejalanya, disarankan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Gejala bisa saja memburuk jika tetap memaksa mengonsumsi ini:

  • Minuman berkafein, seperti kopi, teh dan cokelat.
  • Makanan dan minuman dengan pemanis buatan.
  • Makanan dan minuman dengan rasa asam.
  • Makanan pedas.
  • Minuman beralkohol.

Populer video

Berita lainnya