5 Cara Nabi Muhammad untuk Melindungi Anak-Anak dari Segala Kejahatan

pic by:canva.com

Anak-anak adalah amanah dari Allah. Kita tidak hanya harus memenuhi kebutuhan fisik, intelektual, dan spiritual mereka, kita juga harus menjaga mereka dari bahaya. Melindungi anak-anak kita dari kejahatan di dunia ini adalah tanggung jawab setiap orang tua.

Nabi Muhammad (saw) diriwayatkan telah bersabda: Setiap dari kalian (manusia) adalah pemimpin. Dan setiap orang bertanggung jawab atas apa pun yang menjadi tanggung jawabnya. Seorang pria seperti pemimpin bagi keluarganya sendiri, dan dia bertanggung jawab atas mereka. (Al-Bukhari dan Muslim) Baik itu dari kekuatan yang terlihat maupun yang tidak terlihat, Nabi menasihati kita tentang bagaimana kita dapat melindungi anak-anak kita.

Berikut adalah 5 cara Nabi untuk melindungi anak-anak:

1. Doa untuk Perlindungan

Nabi biasa mengucapkan doa berikut untuk memohon perlindungan Allah bagi Al-Hassan dan Al-Hussein: u‛eedhukumaa bi kalimaat-illaahi-taammati min kulli shayṭaanin, wa haammatin, wa min kulli ‛aynin laammah.

Aku memohon perlindungan untukmu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan, setiap binatang buas, dan dari setiap mata jahat. (Al-Bukhari 4/119) Dianjurkan untuk mengucapkan doa ini untuk anak-anak Anda di pagi hari, sore hari, dan sebelum meninggalkan rumah.

2. Bacalah Tiga Surat Terakhir Al-Qur’an & Ayat ul-Kursi

Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas terkenal karena sifat-sifat perlindungannya. Bacalah surat-surat ini ke tangan Anda dan usapkan pada anak-anak sebelum mereka tidur. Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang masih bisa diusapnya, mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya, dan hal itu dilakukannya sebanyak tiga kali. (HR. Al-Bukhari 5017)

Demikian pula, Ayatul kursi, ayat ke-255 dari Surat Al-Baqarah, terkenal sebagai perlindungan terhadap Setan. Orang tua harus memasukkan Ayatul kursi dalam dzikir harian yang dibacakan kepada anak-anak mereka.

3. Surah Al-Baqarah

Pembacaan Surah Al-Baqarah diketahui dapat mengusir setan dari rumah. Karena banyak cobaan yang bersifat setan (mata jahat, kerasukan, ilmu hitam), menjauhkan setan dari rumah Anda adalah hal mendasar untuk melindungi keluarga Anda.

Sahl bin Sa’d berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Segala sesuatu memiliki punuk (atau puncak yang tinggi), dan Al-Baqarah adalah puncak tertinggi Al-Quran. Barangsiapa membaca Al-Baqarah di malam hari di rumahnya, maka setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga malam. Barangsiapa membacanya di siang hari di rumahnya, maka setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga hari.” (Abu Al-Qasim At-Tabarani)

4. Etika di Toilet

Toilet adalah area yang kotor dan jin tertarik ke tempat-tempat kotor seperti itu. Nabi mengajarkan kita cara-cara untuk melindungi diri kita dari pengaruh dan potensi bahaya mereka saat menggunakan kamar mandi. Penting untuk mengajarkan etika-etika ini kepada anak-anak Anda sejak usia dini. Termasuk di dalamnya adalah membaca doa sunnah ketika masuk dan keluar toilet.

5. Tindakan pencegahan di Waktu Magrib

Nabi menganjurkan untuk tidak mengizinkan anak-anak kita keluar rumah sekitar waktu Magrib karena pada waktu ini setan sedang keluar. Secara praktis, ini berarti menjaga mereka di dalam rumah tiga puluh menit sebelum dimulainya salat Magrib, dan satu jam setelah Magrib dimulai.

Nabi berkata:

“Ketika malam tiba, jagalah anak-anak Anda di dalam rumah, karena setan sedang keluar dan berkeliaran pada waktu ini. Ketika satu jam malam berlalu, Anda dapat membiarkan mereka pergi.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi berkata:

“Janganlah kalian mengeluarkan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam hingga kegelapan malam turun, karena sesungguhnya setan-setan itu dikeluarkan ketika matahari terbenam hingga kegelapan malam turun.” (Muslim)

Populer video

Berita lainnya