Begini Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Batuk dan Pilek
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hidung tersumbat sangat mengganggu karena napas menjadi sulit. Ini adalah gejala dari banyak penyakit, termasuk flu dan pilek. Terlebih ketika kondisi itu terjadi ketika Anda hendak tidur. Selain sulit untuk terlelap, istirahat pun menjadi terganggu.

Untuk mengatasi hidung tersumbat, ada banyak hal yang bisa dicoba. Termasuk dengan perawatan rumahan yang mudah. Melansir laman halodoc, ketahui penanganan yang bisa dicoba untuk mengatasi hidung tersumbat.

Humidifier

Humidifier adalah alat yang menambah kelembapan udara. Karena udara dingin dan kering dapat membuat kau merasa lebih sesak dan mengganggu drainase sinus sebagaimana mestinya. Penggunaan humidifier dapat membantu dengan memompa uap air ke udara yang dihirup. Pada gilirannya, dapat meningkatkan kelembapan di hidung dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Menghirup uap

Uap adalah cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dengan meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya. Ini juga dapat membantu mengencerkan dan mengeringkan lendir di hidung dengan lebih mudah. Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar, lalu hirup uapnya sambil membungkuk di atas mangkuk dengan handuk di atas kepala.

Semprotan hidung saline

Semprotan hidung saline dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Cairan yang digunakan dalam semprotan ini biasanya mengandung garam dan air. Namun, ada pula semprotan hidung yang juga mengandung dekongestan.

Kompres hangat

Cara ini dapat mengurangi peradangan dan membuka saluran hidung dari luar. Kehangatan dapat membantu meredakan peradangan di lubang hidung dan sinus dan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas. Untuk membuat kompres hangat, rendam kain lap atau handuk kecil dalam air hangat. Peras, lalu lipat dan letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah.

Konsumsi rempah-rempah

Makan makanan pedas atau berempah adalah cara umum untuk membantu membuka saluran hidung. Makanan seperti paprika, jahe, dan bawang putih dapat memicu kondisi yang disebut rinitis gustatory. Makanan pedas menyebabkan tubuh membuat lebih banyak lendir dan menyebabkan hidung meler. Selain itu, beberapa rempah-rempah seperti jahe dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi.

Minum air yang cukup

Minum cairan membantu melonggarkan lendir kental yang dapat menyumbat saluran hidung. Saat mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk minum air yang cukup atau lebih banyak dari biasanya.

Minyak esensial

Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, diyakini bahwa beberapa minyak esensial dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Terutama minyak esensial peppermint, eucalyptus, oregano, dan rosemary.

Populer video

Berita lainnya