Ini Tips Public Speaking untuk si Introvert

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Public Speaking
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kepribadian introvert kerap dihubungkan dengan sifat yang pemalu dan tertutup. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada seorang yang memiliki kepribadian introvert adalah kesulitan ketika harus berbicara di depan orang banyak. Tak jarang mereka merasa malu dan gugup saat melakukan public speaking.

Namun, masalah ini dapat dihindari dengan cara melatihnya dengan baik. Melansir laman halodoc, setidaknya ada beberapa tips yang perlu diterpakan bagi si introvert ketika melakukan public speaking. Berikut penjelasannya.

Persiapan

Baik ekstrovert maupun introvert, persiapan merupakan hal penting sebelum melakukan public speaking. Luangkanlah waktu untuk menyusun naskah pidato secara logis dan berlatih hingga merasa nyaman. Alasan utama seseorang sulit melakukan public speaking adalah tidak tahu apa yang dihadapi. Maka dari itu, persiapan sangat penting.

Ketahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri pada dirinya. Sehingga jangan coba-coba sesuatu yang bukan kekuatan dari diri sendiri. Lalu, fokuslah untuk melakukan yang terbaik.

Fokus pada konten yang akan disampaikan

Banyak audiens yang menginginkan sesuatu yang bermakna dan berguna, agar bisa diterapkan di kehidupan nyata. Jika fokus pada konten yang akan disampaikan, tentu public speaking dapat berjalan dengan baik. Bisa juga untuk membagikan sesuatu yang unik terkait topik yang disampaikan, agar menarik bagi audiens.

Hilangkan perasaan kecemasan sosial

Saat berbicara di depan umum, Anda adalah orang yang berdiri di atas panggung. Jadi tidak perlu memikirkan untuk mengobrol dengan banyak orang yang melelahkan. Semua yang datang berusaha untuk menjadi pendengar materi yang kamu bawakan.

Langsung saja berbicara terkait sesuatu yang penting dan segala materi yang ingin dibawakan. Fokus pada perbedaan antara acara sosial dan presentasi untuk membantu dalam mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan keterampilan presentasi.

Kenakan pakaian yang nyaman

Perasaan nyaman dapat membuat perasaan cemas dapat diminimalisir. Salah satunya dengan menggunakan pakaian yang dirasa nyaman. Cara ini dapat membuat diri tetap tenang dan tidak menimbulkan bercak keringat saat gugup. Pilih juga pakaian yang dapat meningkatkan perasaan percaya diri.

Populer video

Berita lainnya