Bir Pletok Minuman Khas Betawi yang Bikin Nagih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Lo pernah denger tentang ‘bir pletok’, kan? Nah, kalo lo belum familiar, bir pletok itu adalah minuman khas dari Betawi yang bikin nagih rasanya. Jadi, apa sih sebenernya bir pletok itu?

Bir pletok adalah minuman tradisional Betawi yang terbuat dari campuran rempah-rempah khas seperti jahe, serai, kayu manis, dan cengkeh. Minuman ini memiliki rasa yang unik dan aroma rempah yang khas. Biasanya, bir pletok disajikan hangat dan menjadi minuman favorit saat musim hujan atau cuaca dingin.

Keistimewaan bir pletok terletak pada komposisi rempah-rempahnya yang memberikan sensasi hangat di tenggorokan saat diminum. Selain itu, bir pletok juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghangatkan tubuh, dan membantu meredakan masuk angin.

Menariknya, bir pletok memiliki sejarah yang panjang di Jakarta. Konon, minuman ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan menjadi salah satu warisan budaya Betawi yang tetap lestari hingga sekarang. Di beberapa tempat di Jakarta, kamu masih bisa menemukan warung atau penjual kaki lima yang menyajikan bir pletok dengan cita rasa yang autentik.

Meskipun namanya mengandung kata ‘bir’, tapi jangan salah, bir pletok ini sama sekali nggak mengandung alkohol. Jadi, aman dan cocok untuk kamu yang nggak suka minuman beralkohol atau anak di bawah umur.

Jadi, kalau kamu lagi penasaran pengen mencicipi minuman tradisional yang unik dan menghangatkan, cobain deh bir pletok. Pastinya, pengalamanmu akan semakin lengkap dengan menikmati kelezatan bir pletok yang khas Betawi. Ayo, buruan mencari bir pletok dan rasakan sensasi nikmatnya!”

Populer video

Berita lainnya