Atasi Luka Batin, Begini Cara Melakukan Self Healing

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Self Healing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Self healing merupakan proses untuk memulihkan diri dari strea atau trauma. Sebab, kondisi yang dialami tersebut dapat menguras emosi, sehingga tubuh akan lelah secara fisik maupun mental.

Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyembuhkan luka batin. Setidaknya, langkah penanganan perlu dilakukan agar konsisi ini tidak berlarut. Melansir laman Alodokter, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi luka batin.

Memaafkan diri sendiri

Salah satu cara yang paling sederhana yakni dengan memaafkan diri sendiri. Sebab, luka batin seringkali terjadi akibat tidak dapat memaafkan kesalahan yang terjadi akibat perbuatan sendiri. Ketika Anda menerima dan memaafkan kesalahan di masa lalu, perlahan pasti akan merasa lebih tenang.

Melakukan meditasi

Meditasi dapat melatih Anda untuk fokus pada keadaan sekitar, juga dan emosi yang dirasakan. Mindfulness dapat dilakukan dengan menutup kedua mata, mengatur napas, lalu menarik napas dalam.

Rasakan sensasi udara yang mengalir dan embuskan napas secara perlahan. Dengan rutin melakukan teknik ini, kamu bisa berpikir lebih jernih dan merasa lebih tenang.

Melakukan me time

Anda bisa menghabiskan waktu dengan melakukan hobi, sehingga pikira istirahat sejenak dari beban atau masalah kehidupan. Selain itu, Anda juga bisa pergi berlibur ke tempat yang ingin dikunjungi.

Dengan melakukan me time, Anda memiliki waktu untuk melepaskan diri dari tekanan yang ada, menjernihkan pikiran, dan menenangkan perasaan.

Meningkatkan self compassion

Anda perlu meningkatkan self compassion atau kemampuan memahami emosi diri. Cara ini dilakukan agar Anda bisa memahami dan mencintai diri sendiri.

Caranya, Anda bisa menulis surat untuk diri sendiri dengan menuangkan perasaan yang sedang dialami. Dengan begitu, perasaan bisa menjadi lebih lega.

Berbicara pada diri sendiri

Berbicara pada diri sendiri bisa diakukan untuk self healing. anda bisa memanfaatkan cermin untuk mengungkapkan perasaan dengan jujur kepada diri sendiri.

Menggunakan bantuan profesional

Jika beberapa cara di atas tak membuahkan hasil, tidak ada salahnya bila Anda meminta pertolongan profesional, seperti psikolog. Nantinya, psikolog dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah yang mungkin tidak bisa kamu selesaikan sendiri.

Populer video

Berita lainnya