Kebiasaan Malam Hari yang Tanpa Disadari Bikin Gemuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makan Tengah Malam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh langsing yang ideal. Selain faktor kesehatan, hal ini juga dapat menambah tingkat kepercayaan diri seseorang ketika berada di ruang publik.

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang tanpa disadari justru membuat berat badan naik drastis. Lantas, apa saja kebiasaan malam hari yang membuat badan gemuk? Ini uraiannya:

Lewatkan makan malam

Melewatkan makan malam dan menggantinya dengan camilan ringan akan membuat Anda semakin gemuk. Melewatkan makan malam juga dapat berdampak saat sarapan, sehingga nafsu makan jadi tidak terkontrol.

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Makan malam yang ideal sebaiknya dilakukan tidak berdekatan dengan waktu tidur Menurut penelitian di tahun 2020, menikmati makanan terlalu dekat dengan waktu tidur berkontribusi meningkatkan berat badan.

Sementara tubuh sendiri memerlukan jeda untuk mencerna makanan dengan baik. Langsung tidur setelah makan, bisa mengganggu kualitas tidur dan menambah berat badan. Setidaknya makan malam 3-4 jam sebelum tidur.

Olahraga di malam hari

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja waktu untuk melakukannya harus tepat. Terutama hindari olahraga di malam hari.

Pasalnya, hal ini akan membuat Anda sulit bersantai. Penyebabnya peningkatan adrenalin dan detak jantung, yang kemudian membuat kemampuan tubuh kesulitan dalam kondisi rileks.

Akibatnya kamu akan terjaga sepanjang malam dan memicu untuk ngemil atau makan malam yang berujung berat badan naik terus.

Minum alkohol

Minum alkohol dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk beristirahat dan memulihkan diri. Selain itu, kalori ekstra minuman beralkohol dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Bermain ponsel

Hindari bermain ponsel saat berada di tempat tidur. Karena cahaya yang dipancarkan dari layar ponsel bisa menekan hormon melatonin, yakni hormon yang mendorong tubuh untuk tertidur dan mengatur ritme tidur dan bangun seseorang.

Tidur larut malam dapat meningkatkan rasa lapar sehingga membuat Anda makan di waktu tubuh harusnya beristirahat.

Populer video

Berita lainnya