Hidung Tersumbat Bikin Jengkel? Begini Posisi Tidur yang Bantu Legakan Pernapasan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Terserang Flu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Terserang flu memang menjengkelkan. Apalagi kondisi itu seolah semakin menjadi ketika malam hari. Walhasil Anda merasa sulit tidur lantaran hidung mampet. Padahal, tidur sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan.

Pilek dan hidung tersumbat saat flu sering kali membuat posisi tidur Anda jadi serbasalah. Akibatnya, kualitas tidur pun terganggu. Sebuah penelitian menyatakan bahwa gangguan pernapasan bagian atas terbukti dapat mengganggu kualitas tidur yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan, termasuk gangguan fungsi kognitif dan depresi.

Melansir laman sehatQ, berikut beberapa posisi dan tips tidur saat hidung tersumbat yang membantu membuat tidur lebih nyaman.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan penyangga kepala atau bantal yang lebih tinggi. Posisi kelapa yang lebih tinggi bisa membantu sumbatan di saluran hidung mengalir dan mengurangi tekanan di kepala. Tetapi, jangan sampai penyangga atau bantal yang Anda pakai malah ketinggian. Tumpukan bantal yang terlalu tinggi justru bisa membuat leher Anda terasa sakit.

Hindari posisi telentang

Hidung tersumbat saat pilek terjadi karena adanya kelebihan lendir yang menghalangi jalan napas. Nah, posisi telentang saat tidur bisa membuat hidung tersumbat semakin parah. Kelebihan lendir ini terkadang bisa mengalir dengan sendirinya ketika Anda duduk atau berdiri karena pengaruh gravitasi. Ketika Anda tidur telentang, kelebihan lendir ini akan statis dan menghalangi saluran hidung.

Tidur dengan posisi miring

Tidur dengan posisi memiringkan tubuh ke kanan atau ke kiri juga bisa membuat napas lebih lega ketika hidung tersumbat. Saat flu, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat di salah satu sisi hidung, dan bisa terjadi secara bergantian.

Hidung mampet hanya di salah satu sisi sangat mungkin terjadi ketika turbinate (struktur di sepanjang dinding sinus yang menghasilkan lendir) mengalami pembengkakan di satu lubang hidung dan menghalangi aliran udara. Ketika ini terjadi, tidurah dengan posisi miring di sisi hidung yang tidak tersumbat. Jadi, misalkan hidung sebelah kanan tersumbat, tidurlah dengan posisi miring ke kiri untuk melegakannya.

Populer video

Berita lainnya