5 Manfaat Rutin Minum Madu Ketika Sahur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbagai jenis minuman seringkali dihidangkan sebagai pendamping makan di waktu sahur. Mulai dari teh, kopi, hingga susu. Tapi ada juga yang menambahkan madu sebagai pelengkap nutrisi untuk menjalani puasa.

Pada dasarnya madu memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Hellosehat, berikut ini manfaat madu yang bagi kesehatan selaman menjalani ibadah puasa.

Meningkatkan energi

Selama menjalani ibadah puasa, selama 12 jam tubuh harus menahan lapar dan haus. Ditambah lagi padatnya aktivitas yang dijalani, membuat tubuh harus bekerja lebih keras guna menyuplai energi sebagai pendukung semua kegiatan Anda.

Nah, anda bisa minum madu saat sahur untuk mengoptimalkan energi saat berpuasa. Madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa. Kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas kala puasa.

Menurut National Institute of Health, minum madu satu sendok saat sahur ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Itu sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi.

Mencegah penyakit pada lambung

Bagi penderita refluks asam lambung alias GERD, bulan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya anda harus ekstra hati-hati dalam mengatur pola makan, guna menghindari asam lambung naik saat berpuasa.

Selain memilah-milah jenis makanan dan menerapkan pola makan yang teratur, menambahkan madu ke dalam daftar minuman saat sahur juga bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mencegah peningkatan asam lambung, dengan cara memberi perlindungan pada kerongkongan (esofagus) dan lambung.

Pengganti gula

Gula yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman memang bisa menambah kalori, namun tidak akan memberi nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu anda bisa mencoba alternatif lain seperti madu. Sebab, madu tidak hanya memberi rasa manis dan lezat pada hidangan, tapi juga mengurangi efek buruk yang diakibatkan mengonsumsi gula berlebihan.

Meredakan gejala flu dan batuk

Sebuah penerlitian menyatakan bahwa madu bekerja ampuh dalam mengurangi batuk pada malam hari yang mungkin menyiksa. Minum madu juga dapat meningkatkan kualitas tidur bahkan mirip dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine (antihistamin). Bahkan rutin minum madu saat sahur dan berbuka perlahan bisa mengobati batuk dan pilek.

Menurunkan kadar trigliserida

Setelah menahan lapar dan haus selama seharian, banyak orang yang kalap ketika berbuka puasa dengan menyantap aneka makanan dan minuman. Tak jarang mereka akan makan apa saja tanpa memikirkan dampaknya bagi kesehatan. Alih-alih menambah nutrisi, makan dalam jumlah banyak justru bisa memicu naiknya kadar trigliserida. Terutama jika anda penggemar makanan berlemak.

Peningkatkan kadar trigliserida tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa berujung pada penyakit diabetes dan penyakit jantung. Uniknya, penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food membuktikan ada hubungan antara minum madu secara teratur dengan penurunan kadar trigliserida.

Populer video

Berita lainnya