Bruntusan di Wajah Bikin Bete, Begini Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Wajah Breakout
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bruntusan di wajah memang sangat mengganggu sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Bagi Anda yang mengalaminya, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya.

Anda bisa mencoba berbagai bahan alami untuk menghilangkan masalah kulit ini. Terpenting adalah memastikan kulit wajah tetap bersih dan melawan bakteri penyebab bruntusan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak yang diekstraksi dari daun pohon Melaleuca alternifolia, yang berasal dari Australia. Minyak ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Secara khusus, minyak pohon teh mampu membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan bruntusan.

Perawatan dengan minyak esensial

Banyak minyak esensial yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. Sebab, banyak minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa membersihkan bruntusan dengan cepat. Misalnya minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh melawan bakteri penyebab bruntusan S. epidermidis dan P. acnes.

Teh hijau

Teh hijau memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, salah satunya menghilangkan bruntusan di wajah. Hal ini karena teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan bruntusan.

Teh ini juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang mampu melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya mampu membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu, gel ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis, ruam, luka, dan luka bakar.

Populer video

Berita lainnya