Ini Manfaat Main Catur untuk Kesehatan Otak dan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Main Catur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Catur merupakan salah satu olahraga untuk mengasah otak. Dalam permainan tersebut, pemain dituntut berpikir cermat untuk mengalahkan lawan mainnya. Selain menyenangkan, ternyata bermain catur juga dapat mendatangkan manfaat bagi pemainnya. Melanis laman halodoc, berikut ini ragam manfaat bermain catur.

Meningkatkan memori

Dalam sebuah penelitian, pemain catur profesional dinilai memiliki memori yang kuat. Pasalnya, permainan catur melibatkan banyak hafalan pola permainan catur. Selain itu mereka juga memori pendengaran yang lebih baik. Mereka mampu mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Meningkatkan kreativitas

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji kemampuan berpikir kreatif dari dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur dan yang lainnya tidak. Dalam tes tersebut, siswa diminta untuk menafsirkan pola-pola abstrak. Siswa yang bermain catur ternyata mendapat nilai lebih tinggi pada tes tersebut. Dari situ disimpulkan, catur meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih berpikir kreatif.

Membangun perencanaan yang lebih baik

Para pemain catur kerap termenung diam saat mempertimbangkan setiap gerakan. Dalam situasi ini, mereka sedang memprediksi setiap kemungkinan untuk mengantisipasi tanggapan lawan mainnya. Ilmuwan pun membuat sebuah studi pada pemain catur untuk mengukur keterampilan perencanaan mereka. Hasil menunjukan, kelompok yang tidak bermain catur membutuhkan waktu lama dalam perencanaan.

Membantu terapi

Catur juga bisa digunakan sebagai sarana terapi kreatif. Melalui permainan ini, terapis dapat melihat reaksi pasien terhadap stres dan tantangan yang muncul. Kemudian, ia menilai respons pasien dan memberikan saran yang tepat.

Mengasah fokus

Fokus selama bermain catur berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika dihadapkan dengan pekerjaan, tugas rumah, dan deadline, kamu bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan apapun yang sedang kamu hadapi.

Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah

Dalam setiap permainan catur, pemain dihadapkan pada tantangan dan masalah yang harus diselesaikan. Permainan ini membantu Anda untuk berpikir ke depan, tidak terburu-buru mengambil keputusan, dan mempertimbangkan plus dan minus dari pilihan yang kamu ambil.

Populer video

Berita lainnya