Dari Mengatasi Stres Hingga Sakit Kepala, Ini Sederet Manfaat Pijat Refleksi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pijat Refleksi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbeda dengan jenis pijat urut biasa, pijat refleksi lebih fokus pada titik saraf tertentu pada tubuh, terutama pada kaki dan tangan. Pijat refleksi bisa menjadi pilihan Anda untuk memanjakan diri disela-sela kesibukan. Sebab, secara turun-temurun banyak orang yang memilih pijat refleksi untuk mengatasi masalah kesehatan karena manfaatnya yang melimpah. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat pijat titik refleksi untuk kesehatan.

Mengurangi cemas dan stres

Jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine (2014) menyebutkan bahwa pijat refleksi dapat mengurangi masalah depresi, kecemasan, atau gangguan tidur. Pijat titik saraf dapat memberikan efek menenangkan karena meningkatkan hormon endorfin pada tubuh. Hormon endorfin bisa menekan kerja hormon stres dan membantu menghilangkan rasa sakit.

Membantu pengobatan kanker

Memang tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan pijat titik saraf dapat menyembuhkan atau mencegah segala jenis penyakit, termasuk kanker. Meski begitu, pijat titik refleksi bisa menjadi terapi komplementer untuk membantu meringankan gejala kanker, seperti rasa sakit dan kecemasan.

Melancarkan peredaran darah

Salah satu titik di telapak kaki berhubungan langsung dengan jantung dan pembuluh darah di tubuh. Pijatan titik saraf kaki akan memengaruhi fungsi jantung. Hal ini disebabkan oleh dampak dari tekanan yang diterima saat refleksiologi sama dengan refleks baroreseptor yang ditimbulkan tubuh untuk mengontrol fungsi jantung.

Mengurangi nyeri haid

Pijat titik saraf rupanya dapat mengurangi gejala nyeri haid yang cukup mengganggu. Teknik pijat ini juga lebih aman dari pijat perut yang berbahaya. Sebuah penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada intensitas nyeri haid yang dialami sebelum dan setelah melakukan pijat titik refleksi. Mereka yang mendapatkan pijat titik saraf rutin mengalami penurunan rasa nyeri di bulan kedua dan ketiga menstruasi.

Meredakan sakit kepala

Terapi pijat untuk migrain dapat membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks. Selain memberi tekanan lembut dan merangsang saraf bagian kepala melalui titik refleksi di kaki, Anda akan cenderung merasa lebih tenang dan nyaman.

Populer video

Berita lainnya