Hati-hati! Ini Bahayanya Terlalu Sering Tidur Sore Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Tidur di Mobil
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda mungkin pernah tidur di sore hari, lantaran lelah menjalani aktivitas yang padat. Namun ternyata, tidur sore tidak sama dengan tidur siang. Aktivitas ini justru dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Kebiasaan tidur di atas jam tiga sore justru bisa merugikan kesehatan Anda. Tak hanya membuat kesulitan tidur pada malam hari, tidur siang yang terlambat bahkan bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit kronis di masa mendatang.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur pola dan jam tidur supaya Anda tidak kelelahan dan tertidur di sore hari. Melansir laman Hellosehat, berikut dampat buruk tidur di sore hari.

Mengganggu ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam biologis atau jadwal alami tubuh untuk mengatur waktu tidur dan beraktivitas. Secara alamiah tubuh dapat melakukan penjadwalan ini karena setiap organ memiliki waktu terbaiknya masing-masing untuk bekerja dan beristirahat.

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur siang yang terlalu dekat dengan waktu tidur malam, ritme sirkadian bisa terganggu. Dampaknya, Anda susah tidur dan insmonia. Bahkan gangguan ritme sirkadian juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya, seperti obesitas, diabetes, hingga depresi.

Insomnia

Salah satu efek buruk tidur sore yang bisa langsung Anda rasakan adalah insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari. Bahkan, saat sudah bisa tertidur, Anda mungkin terbangun kembali karena tubuh belum merasa lelah.

Kondisi itu justru bisa menurunkan kualitas tidur pada malam hari yang seharusnya menjadi waktu terpenting untuk istirahat.

Peningkatan risiko penyakit kronis

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang tidak berkualitas meningkatkan risiko penyakit kronis, mulai dari diabetes tipe dua, penyakit jantung, hingga depresi.

Penurunan fungsi kognitif

Tidur sore dapat mengurangi berbagai fungsi kognitif, termasuk konsentrasi dan daya ingat. Ketika kehilangan konsentrasi, otak Anda akan lebih kesulitan untuk berpikir dan mencerna apa yang baru saja terjadi. Kondisi tersebut juga dikenal dengan sleep inertia atau proses transisi antara tidur dan bangun.

Meski tidak secara langsung berdampak buruk pada kesehatan, kondisi ini sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Risiko berbagai efek samping tersebut bisa meningkat apabila tidur sore Anda berlangsung cukup lama.

Populer video

Berita lainnya