Atasi Trauma Masa Lalu, Lakukan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Trauma
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Trauma masa lalu umumnya disebabkan oleh sejumlah kejadian yang tidak menyenangkan. Orang yang mengalami trauma biasanya sulit melepas diri dari memori negatif di masa lalunya. Walhasil, apapun yang membuat seseorang merasa terpicu akan trauma masa lalunya, ia akan merasa syok, sedih, panik, sebagai respons dari pikirannya.

Kondisi ini tidak dapat disepelekan, dan perlu diatasi secara perlahan. Apalagi, trauma dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental, fisik, dan emosional. Melansir laman halodoc, berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi trauma masa lalu.

Menceritakannya kepada orang terdekat

Untuk melakukan ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi teman atau anggota keluarga yang dapat dipercaya, untuk mencari dukungan. Ketika sudah merasa siap untuk menceritakannya, Anda bisa memberitahu pengalaman dan perasaan yang dirasakan terkait trauma yang dimiliki.

Anda juga dapat mencari dukungan kepada orang terdekat untuk membantu menyelesaikan kewajiban atau tugas rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres yang timbul.

Hadapi perasaanmu

Menghindari pemicu atau ingatan tentang peristiwa traumatis tidak dapat dilakukan secara terus-menerus. Karena itu, secara bertahap, hadapilah perasaan yang dimiliki. Cobalah untuk kembali ke rutinitas normal secara bertahap, dan meminta dukungan orang terdekat, atau psikolog.

Sabar

Memiliki reaksi atau respon keras terhadap peristiwa traumatis sangatlah normal. Namun, Anda juga perlu menghadapinya agar hal tersebut tidak membuat Anda menjadi terpuruk. Hal ini perlu dilakukan secara perlahan. Artinya, Anda perlu bersabar dan berdamai dengan diri sendiri, karena seiring waktu keadaanmu akan membaik.

Menerapkan perawatan diri

Perawatan diri dapat mengurangi stres, sehingga perlu dilakukan untuk membantu pemulihan dari trauma masa lalu. Nah, perawatan diri dapat diterapkan melalui hal-hal yang terasa baik dan mencintai diri sendiri. Contohnya seperti melakukan ‘me time’ hingga melakukan kegiatan positif yang disukai.

Rutin olahraga

Rutin berolahraga juga dapat dilakukan untuk mengatasi trauma masa lalu. Sebab, olahraga dapat dijadikan sebagai distraksi atas trauma masa lalu yang kamu miliki. Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi efek samping dari peristiwa traumatis dan mengurangi stres.

Populer video

Berita lainnya