5 Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Nyenyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Jika kurang tidur, efeknya bisa menurunkan kualitas hidup. Mulai dari mengantuk di siang hari, produktivitas yang menurun, hingga risiko kecelakaan. Inilah alasan anda perlu beristirahat yang cukup di malam hari.

Nyatanya tak sedikit yang mengalami susah tidur seperti insomnia. Nah, ketimbang mengandalkan obat tidur, ada banyak cara alami untuk mengatasi susah tidur. Salah satunya memilih minuman yang bisa membantu anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Dilansir dari oama helloSEHAT, berikut ini adalah daftar minuman yang juga cukup ampuh mengatasi masalah susah tidur.

Susu hangat

Banyak yang merekomendasikan minum susu sebelum tidur. Selain membuat perut lebih kenyang sehingga tidak lapar di tengah malam, minum susu juga dipercaya ampuh untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Susu mengandung triptofan dan asam amino. Perlu anda ketahui bahwa secara langsung bahwa triptofan adalah bahan penyusun serotonin, yakni hormon yang membuat perasaan jadi lebih bahagia. Hormon ini kemudian diubah oleh tubuh menjadi melatonin, yakni hormon yang membantu anda tidur lebih nyenyak.

Teh chamomile

Sudah bertahn-tahun, teh chamomile digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat yang hampir sama dengan obat penenang yang bisa memicu tidur.

Studi tahun 2011 pada Molecular medicine reports menunjukkan bahwa teh chamomile mengandung antioksidan apigenin yang melimpah. Antioksidan ini mampu mengikat reseptor spesifik pada otak yang bisa mengurangi kecemasan.

Ketika kecemasan berkurang, perasaan dan otak menjadi lebih tenang. Efek inilah yang bisa membantu seseorang jadi tidur lebih nyenyak.

Jus kiwi

Buah kiwi menandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, kalium, dan folat. Mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur bida membuat anda lebih muda memejamkan mata dan tidur lelap.

Selain dikonsumsi secara langsung, anda bisa menikmati kowi dengan mengolahnya menjadi jus. Namun perlu diingat, jangan tambahkan banyak gula karena hal ini bisa meningkatkan asupan kalori anda per hari. Cobalah untuk menggantinya dengan madu agar rasanya tetap enak.

Jus ceri

Ceri memiliki sifat antiradang yang diyakini membantu jam biologis untuk lebih baik mengatur siklus tidur.

Bahkan dalam sebuah penelitian, penderita insomnia yang mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu bisa tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus sebelum tidur.

Smoothies kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja menenangkan sistem saraf. Efeknya, otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat anda cepat merasa ngantuk.

Cara membuatnya seperti ini: blender susu kacang almond tawar (plain) dengan potongan pisang. Pisang juga menjadi sumber makanan tinggi triptofan dan magnesium yang membantu anda agar tidur nyenyak.

Populer video

Berita lainnya