Waspada, Ini Makanan dan Minuman yang Bikin Anda Cepat Tua

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makanan Minuman Bikin Kulit Cepat Tua
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merawat kesehatan kulit tak cukup dengan datang ke dokter dan rutin memakai produk skincare. Perawatan dari dalam seperti memperhatikan asupan makanan juga penting untuk menjaga kesehatan kulit anda.

Sebab, ada beberapa makanan yang mungkin tanpa disadari dapat menurunkan kondisi kulit ketika anda mengonsumsinya, terutama secara berlebihan. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini jenis makanan yang harus anda batasi jika ingin terus awet muda dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Makanan manis

Sel membutuhkan waktu untuk memproses gula. Jika anda terlalu sering mengonsumsi makanan manis, molekul gula yang berlebih akan bergabung dengan protein sehingga membentuk advanced glycation end products (AGES). Sedangkan molekul AGES dapat merusak kolagen pada kulit.

Kolagen merupakan protein penting yang menyusun kulit, kuku, dan berbagai jaringan lain pada tubuh. Salah satu ciri kerusakan kolagen ialah kulit yang kendur, kering, dan kusam. Terlalu sering makan manis juga buruk bagi senyum anda. Gula yang menempel pada gigi bisa memicu pertumbuhan bakteri, pembusukan gigi, dan perubahan warna gigi.

Alkohol

Organ hati mencerminkan kulit anda. Ariel Ostad, dokter dari American Academy of Dermatology menyatakan, bila hati berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan keluar secara alami melalui tubuh.

Namun ketika racun menyebar di dalam hati dan tidak terurai dengan benar, kulit akan mengalami berbagai masalah. Gangguan yang muncul antara lain masalah jerawat, warna yang pudar, keriput, hingga rosacea.

Daging gosong

Meski terasa enak bagi beberapa orang, makanan yang satu ini ternyata bisa membuat kulit anda cepat tua. Ini karena bagian gosong pada daging barbeku atau burger anda mungkin mengandung zat yang disebut hidrokarbon pro-inflamasi. Zat tersebut membawa masalah bagi kulit karena bisa merusak kolagen.

Padahal, kulit membutuhkan kolagen untuk menjaga struktur, kekencangan, dan kelenturannya. Jika kolagen rusak, kulit tentu tidak lagi tampak sehat. Namun anda tak perlu sepenuhnya menghapus barbeku dari daftar makanan anda. Paling tidak, pastikan anda membuang bagian daging yang gosong dan membersihkan panggangan sehingga tidak mengotori makanan berikutnya.

Makanan tinggi natrium (garam)

Mungkin anda tidak memasak dengan garam. Tapi hal ini tidak menjamin asupan harian garam anda rendah. Pasalnya, unsur natrium pada garam terdapat pada banyak produk kemasan dan makanan olahan. Natrium berikatan dengan air di dalam tubuh anda. Mineral ini juga dapat menahan air pada area wajah sehingga membuat pipi tampak ‘membengkak’.

Cara mengatasinya yakni dengan menggunakan produk pelembap yang mengandung kafein. Anda juga dapat mencegahnya dengan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium yang bikin wajah cepat tua.

Anggur putih dan minuman asam

Konsumsi anggur putih dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Ini karena asam yang terkandung dalam anggur putih bisa merusak lapisan email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap noda yang tahan lama.

Hal yang sama juga berlaku pada minuman asam seperti jus jeruk dan lime squash. Meskipun menyehatkan, anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi gigi.

Makanan pedas

Makanan pedas memang nikmat dan diklaim dapat merangsang nafsu makan. Namun makanan ini juga bisa membuat kulit anda terlihat cepat tua. Para ahli meyakini bahwa makanan pedas membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih lebar.

Hal ini berdampak buruk khususnya bagi penderita rosacea. Mereka memiliki kulit yang kemerahan dengan pembuluh darah yang tampak jelas. Jika pembuluh darah di bawah kulit melebar, ruam kemerahan pada wajah akan semakin terlihat.

Minuman berkafein

Minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh bersifat diuretik. Artinya, minuman ini bisa mengeluarkan cairan dan menguras kelembapan dari tubuh, termasuk kulit. Tanpa asupan air yang cukup, kulit dapat mengalami dehidrasi sehingga tampak kusam.

Jika sulit membatasi minuman berkafein, paling tidak imbangi dengan minum air yang cukup, untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh bersama urine. Jangan lupa gunakan juga krim pelembap mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kesehatan kulit.

Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Pasalnya, lemak trans memperparah peradangan pada kulit, yang merupakan salah satu penyebab rusaknya kolagen.

Selain itu, lemak trans yang tidak menyehatkan juga membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Pertahanan kulit dari paparan sinar matahari yang minim tersebut merupakan penyebab nomor satu penuaan kulit.

Minuman berenergi

Minuman berenergi mungkin bisa membuat anda lebih bersemangat menjalani hari. Tapi sayangnya, minuman ini memiliki efek negatif bagi kesehatan gigi. Seperti halnya anggur putih, kandungan gula dan asam pada minuman berenergi dapat merusak lapisan email gigi.

Mengonsumsi minuman berenergi secara berlebihan tidak hanya bisa merusak gigi, tetapi juga menyebabkan perubahan warna dari waktu ke waktu. Kandungan kafeinnya juga merangsang pengeluaran air dari dalam tubuh sehingga anda lebih rentan mengalami dehidrasi.

Populer video

Berita lainnya