Colorcode, Wajah Baru Pop-Punk Yogyakarta

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Berawal dari tahun 2022, muncul sebuah band yang terbilang sangat muda yang tiba-tiba merilis lagu berjudul Shiver. Yap, Colorcode adalah band yang dimaksud. Grup yang digawangi oleh Ican ( Vokal ), Galeng ( Gitar ), Amjadh ( Bass ) dan Iqbal ( Drum ) tersebut kini menjadi salah satu band yang sedang digandrungi anak muda, baik di Yogyakarta maupun kota-kota di Indonesia, dan mereka menjadi fenomena yang mewarnai kancah musik pop-punk sekarang ini.

Bagaimana tidak, setelah rilisnya EP mereka bertajuk “Pain I Buried Inside” pada tahun 2023 melalui Outta Sight Records, nama mereka langsung meroket sampai ke telinga anak muda di kota-kota besar di seluruh Indonesia! Mereka berhasil dengan efisien menyebarkan karya mereka ke penjuru negeri melalui kualitas dan mentalitas yang sangat teruji, meskipun mayoritas dari mereka terbilang masih muda. Shiver, Merra, Burden, dan Life Contract masing-masing memberikan kesan unik, yang dieksekusi sesuai kreatifitas yang disalurkan oleh mereka yang akhirnya tercipta sebagai trek yang ciamik dan catchy.

Gebrakan mereka dengan mencampurkan warna musik Pop-Punk modern yang penuh dengan emosi, memberikan hentakan yang sudah terakulturasi dengan influens musik emo murni dan hardcore yang sangat menarik untuk didengarkan. Karya mereka merupakan nafas segar ditengah stagnansi yang cukup terasa di skena pop-punk Nusantara baru-baru ini. Terlebih saat mereka perform benar-benar memberikan kualitas yang tidak main-main. Jargon ikonik mereka yaitu 100% Heavy At Heart menjadi istilah yang paten jika mendengar nama Colorcode terpampang di flyer-flyer acara.

Mereka pun sudah melaksanakan tur di seluruh penjuru pulau Jawa, membawakan lagu-lagu mereka yang diterima dengan baik, bahkan tidak sedikit dari orang yang datang menonton mereka tersihir dan memasukkan lagu-lagu Colorcode kedalam playlist mereka. Tidak jarang juga beberapa kami melihat orang yang memakai merch kaos Colorcode di tempat umum di sekitar kota.

Kemunculan mereka ke dunia Pop-Punk Yogyakarta juga mematahkan stigma bahwa pop-punk mungkin sudah berhenti untuk beregenerasi dan menjadi lebih besar lagi. Colorcode benar-benar menjadi salah satu band yang terbilang sukses dalam memberikan warna baru di skena musik Jogja. Penampilan mereka menjadi sangat dinanti dan kami juga sangat menantikan apa lagi yang akan disajikan oleh Colorcode kedepannya.

Keyword: Colorcode, Pop-punk, Skena

Photo Courtesy by Gluemann

Populer video

Berita lainnya