Cara Merawat Kulit Kaki Agar Tetap Sehat dan Mulus

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merawat Kulit Kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berbicara tentang perawatan kulit tidak hanya berfokus pada wajah saja. Anda juga perlu merawat kulit di bagian tubuh yang lain, salah satunya kaki. Lantas bagaimana cara merawat kulit kaki agar kaki tetap sehat dan mulus?

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat, baik itu wajah hingga kaki. Caranya dengan menjaga kesehatan kulit agar tetap bersih, melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan, dan segera merawatnya jika terjadi masalah. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut cara merawat kulit kaki agar tetap sehat.

Hapus cat kuku

Salah satunya cara merawat kuku kaki adalah dengan rajin memotong kuku dan kurangi penggunaan cat kuku. Sebab, terlalu sering menggunakannya bisa merusak kuku anda. Pasalnya, cat kuku mengandung bahan kimia yang bisa mengubah warna kuku dan mengikis ketebalannya. Akibatnya, kuku jadi tipis, rapuh, dan mudah patah.

Anda boleh saja memakai cat kuku, dengan catatan tidak terlalu sering. Biarkan kuku kaki anda bebas dari cat kuku. Untuk menghapus cat kuku, gunakan cairan non-aseton yang lebih aman untuk kuku dan kulit di sekitarnya.

Eksfoliasi

Setiap hari jutaan sel kulit akan mati dan digantikan dengan sel baru yang sehat. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sel kulit mati bisa menumpuk. Penumpukan sel kulit mati tersebut bisa membuat kulit kaki jadi kusam.

Cara mengatasinya dengan eksfoliasi (pengangkatan sel-sel kulit mati). Metode ini cukup ampuh untuk membuat kulit kaki jadi lebih bersih. Caranya, campurkan dua sendok makan garam epsom dengan air hangat. Rendam kaki Anda selama 15 menit dan gosok dengan batu apung. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Meski ampuh, jangan melakukan cara ini jika kulit kaki Anda sedang terluka.

Pakai pelembap

Kulit kaki kering merupakan masalah yang paling umum terjadi. Kondisi ini membuat kaki jadi pecah-pecah, mengelupas, dan gatal. Cara merawat kulit kaki yang kering seperti ini yakni dengan menjaga kelembapannya. Anda bisa menggunakan produk pelembap sesering mungkin sesuai kebutuhan. Sangat penting untuk mengoleskan pelembap pada kulit kaki setelah Anda mandi.

Perhatikan aturan pakai sepatu

Memakai sepatu dianggap dapat melindungi kulit dari sinar matahari atau kotoran. Ini benar, tapi ada aturan yang perlu anda patuhi ketika memakainya, supaya kulit kaki tidak jadi bermasalah. Sebab, salah pakai sepatu sering kali menyebabkan kaki bau, jamuran, lecet, dan kulit melepuh.

Segera obati masalah kulit kaki

Kaki anda mudah terkena kotoran dari lantai, sepatu, atau sandal yang dipakai. Masalah kulit kaki yang sering menyerang yaitu kutu air, jamur kaki, atau jamur kuku kaki. Jika mengalami salah satu di antaranya, jangan diabaikan.

Bersikap cuek justru akan memperparah kondisi kulit kaki. Akibatnya, Anda tidak akan nyaman beraktivitas dan mengobatinya pun akan lebih sulit. Cara merawat kulit dan kuku kaki dari masalah tersebut, bisa anda lakukan dengan pengobatan rumahan, yaitu pakai krim antijamur dan krim pereda gatal yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Populer video

Berita lainnya