Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain menjadi bumbu dapur untuk menyedapkan olahan masakan, bawang putih juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antivirus dan antiseptik dari allicin, bawang putih ampun membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat memerangi jerawat, seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng (digunakan untuk mengontrol zat berminyak). Anti-inflamasi pada bawang putih juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Dilansir dari laman halodoc, berikut ini beberapa metode membersihkan kulit dari noda jerawat dengan menggunakan bawang putih.

Selain diaplikasikan langsung ke area kulit yang bermasalah, bawang putih juga bisa dikonsumsi langsung untuk menghilangkan jerawat. Cincang bawang putih, lalu tambahkan ke makanan yang akan dimakan. Untuk menambahkan rasa, kamu bisa mencampurkan jus bawang putih mentah dengan cengkeh. Kombinasi ini bisa diminum atau dibalurkan ke area yang berjerawat.

Bahan lain yang bisa digunakan berbarengan dengan bawang putih sebagai perawatan kulit berjerawat adalah yoghurt. Perawatan ini sekaligus bisa mengelupas kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-porimu.

Caranya:

  1. Campurkan 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan yoghurt.
  2. Oleskan campuran ke kulit.
  3. Pijat kulit dan biarkan selama beberapa menit.
  4. Bilas dengan air.

Siung bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Kamu tinggal menghaluskan 3-4 siung bawang putih baru dioleskan ke area yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

Bawang putih dan yoghurt juga bisa ditambahkan dengan madu. Kamu bisa menggunakan kombinasi ketiganya sebagai masker. Diamkan selama 20 menit, baru bilas dengan air. Selain cengkeh, madu, yoghurt, kamu juga bisa menambahkan lidah buaya atau cuka sari apel sebagai pengganti bahan-bahan tambahan tadi.

Populer video

Berita lainnya