Tips Ampuh Terhindar dari Mulut Kering Ketika Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mulut terasa kering menjadi hal yang kerap dikeluhkan orang yang berpuasa. Kondisi ini terbilang wajar mengingat anda tidak mendapat asupan makan dan minum selama lebih kurang 12 jam. Dan menjadi sangat terganggu, aroma yang keluar dari mulut pun menjadi tidak sedap.

Kondisi ini bisa menjadi lebih parah jika sehari-hari anda memiliki kebiasaan merokok. Lantas apakah ada cara membuat mulut tidak kering yang menimbulkan aroma tidak sedap selama berpuasa? Dilansir dari laman Hellosehat, berikut ini tips yang bisa anda coba.

Rutin berkumur

Anda dapat rutin berkumur saat akan beribadah. Secara tidak langsung, cara ini dapat menaikkan tingkat pH pada mulut. Artinya, derajat pH yang semula asam bisa berubah menjadi lebih netral karena berkumur. Selama menjalankan aktivitas saat sedang berpuasa pun, anda boleh berkumur dengan air bersih guna menurunkan derajat keasaman pH di mulut.

Rajin sikat gigi

Meski berpuasa, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut guna mencegah mulut kering. Salah satunya dengan rajin menyikat gigi setiap hari. Misalnya usai sahur atau saat mandi di pagi hari, dan di malam hari sebelum tidur.

Pilih asupan makanan dan minuman saat berbuka

Usahakan makan dan minum secukupnya saat berbuka. Serta kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Pasalnya, makanan dan minuman manis yang mengandung banyak gula, justru akan semakin meningkatkan kadar asam pada mulut.

Sebagai gantinya, anda dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi sumber serat saat berbuka puasa. Karena sifat serat itu pada dasarnya mampu membersihkan permukaan mulut, sekaligus mudah dibersihkan ketimbang sumber pemanis atau gula.

Populer video

Berita lainnya