Ketehui Penyebab Muka Berminyak yang Umum Terjadi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minyak alami (sebum) di kulit wajah bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat. Namun pada beberapa orang, kelenjar minyak di kulit dapaf menghasilkan terlalu banyak sebum, sehingga kulit muka terasa berminyak.

Sementara muka berminyak menimbulkan keluhan, seperti kulit terlihat mengilap atau licin meski sudah mencuci muka. Tidak hanya itu, muka berminyak juga rentan berjerawat karena penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di pori-pori.

Penyebab muka berminyak dipicu karena berbagai hal. Melansir laman Alodokter, ini beberapa penyebab muka berminyak yang umum terjadi.

Faktor genetik

Tipe kulit berminyak biasanya diturunkan dalam keluarga. Jadi, bila orang tua Anda memiliki kelenjar minyak yang terlalu aktif, Anda pun kemungkinan juga memiliki tipe kulit yang berminyak.

Pori pori besar

Muka bermiyak bisa disebabkan karena pori-pori yang membesar. Pori-pori bisa meregang karena faktor usia, kenaikan berat badan, atau pernah mengalami jerawat. Pori-pori yang besar cenderung menghasilkan lebih banyak minyak.

Pubertas

Pada masa ini hormon tubuh meningkat dan mencapai puncaknya eehingga mendorong produksi sebum yang berlebih. Ini alasan mengapa remaja yang memasuki masa pubertas, biasanya memiliki kulit berminyak dan lebih rentan berjerawat.

Pola makan tinggi gula dan karbohidrat

Sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu penyebab muka berminyak bisa karena kebiasaan makan buruk. Menurut beberapa penelitian, sering mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

Produk perawatan kulit muka tidak sesuai

Muka berminyak juga disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Oleh karena itu, periksa kembali dengan teliti produk skincare yang Anda gunakan.

Pilih produk yang memang diformulasikan khusus untuk tipe kulit tertentu, misalnya kulit berminyak, kulit kering, atau kulit kombinasi. Produk perawatan kulit ini bisa meliputi pelembap, sunacreen, sabun cuci muka, serum atau toner.

Terlalu sering eksfoliasi kulit

Terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi secara berlebihan bisa menjadi penyebab muka berminyak. Sebab ketika Anda menerapkan kebiasaan tersebut, kulit muka menjadi terlalu kering dan dehidrasi, sehingga mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Jarang pakai pelembap dan tabir surya

Memiliki muka berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembap dan tabir surya. Anggapan pelembap menyebabkan muka berminyak tidaklah tepat. Tanpa pelembap, tipe kulit apapun akan menjadi kering dan justru menyebabkan lebih banyak produksi minyak.

Populer video

Berita lainnya