Ragam Minuman untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Kuat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minuman Teh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minuman untuk daya tahan tubuh umumnya mengandung vitamin dan juga mineral. Dengan rutin mengonsumsi minuman ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan kuman penyebab penyakit.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, risiko terserang penyakit, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan, tentu bisa diminimalisir. Ada beragam cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya mengonsumsi minuman sehat

Sebenarnya ada banyak minuman untuk daya tahan tubuh. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, minuman tersebut juga mudah ditemui atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Melansir laman Aldokter, berikut ini pilihan minuman untuk daya tahan tubuh.

Air kelapa

Air kelapa memang sudah dikenal baik untuk kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C, kalium, natrium, dan magnesium. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun sehingga daya tahan tubuh tetap optimal.

Sementara itu, sejumlah mineral yang ada di dalam air kelapa berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh serta mendukung kesehatan jaringan dan organ tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi air kelapa juga akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol yang mampu melawan penyakit. Selain itu, senyawa katekin yang terkandung dalam teh hijau diketahui memiliki sifat antivirus yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Air atau jus jeruk

Minuman dari buah berwarna jingga ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Vitamin ini bersifat antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Air jeruk juga mengandung senyawa naringenin dan hesperidim yang bersifat antiradang dan antikanker sehingga dapat melengkapi manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Air jahe

Air jahe dikenal sebagai minuman yang mampu meredakan morning sickness, perut kembung, dan sakit perut. Pasalnya, hahe mengandung beragam senyawa yang memiliki efek antivirus, antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Rutin minum air jahe bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Susu

Susu sapi mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak, kalsium, kalium, fosfor, selenium, serta vitamin B12 dan vitamin D. Sementara susu kedelai mengandung isoflavon, vitamin A dan vitamin B, kalium, kalsium, asam folat, serta kolin.

Karena beragam nutrisi penting yang ada di dalam kedua jenis susu tersebut, minum susu yang dibarengi dengan mengonsumsi makanan bergizi setiap hari bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tubuh lebih sehat dan berenergi, serta menjaga kesehatan tulang.

Kunyit asam

Kunyit asam merupakan minuman jamu yang terbuat dari kunyit dan asam jawa. Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi karena bisa meredakan nyeri haid. Namun, minuman ini juga termasuk dalam minuman untuk daya tahan tubuh.

Kandungan asam amino esensial dalam asam jawa terbukti bisa membantu produksi antibodi dan sel imun tubuh, yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit, memiliki efek antiradang yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Populer video

Berita lainnya