Ini Alasan Pentingnya Memiliki Support System yang Kuat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pertemanan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Support system terdiri dari orang-orang yang mampu memahami, memberi semangat, dan selalu peduli terhadap setiap keadaan yang kita alami, baik itu keadaan yang menyenangkan maupun menyulitkan.

Support system memiliki peran penting dalam keberhasilan kita mencapai tujuan hidup, dan bertahan saat menghadapi keadaan yang sulit. Termasuk dalam menjalani peran sebagai single parent. Melansir laman Alodokter, ini manfaat memiliki support system.

Membantu menangani situasi sulit

Setiap orang pernah menemukan situasi sulit dalam hidupnya. Dalam kondisi itulah support system dibutuhkan.

Saat sedang dihadapkan pada suatu masalah yang mungkin membuat bimbang dan ingin menyerah, cobalah menceritakan hal tersebut dan mintalah saran dari support system Anda. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari keputusan yang gegabah.

Atasi stres

Hadirnya support system juga bisa membantu Anda mengatasi stres serta menurunkan risiko sakit akibat stres, baik itu sakit secara fisik maupun mental.

Sebuah penelitian mengungkapka. bahwa dukungan dari support system yang kuat pada masa krisis, mampu menurunkan risiko alami gangguan mental, seperti stres pascatrauma (PTSD), dan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Meningkatkan motivasi

Support system juga bisa mendorong untuk melakukan hal-hal yang positif. Sebagai contoh, saat sedang mencoba untuk menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok, support system bisa membantu mengingatkan dan menambah motivasi Anda.

Menyehatkan fisik dan mental

Dukungan support system juga bisa membuat Anda lebih bahagia dan kuat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anda juga cenderung akan memilih pola hidup yang lebih sehat. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental.

Orang yang memiliki support system kuat juga bahkan dikatakan memiliki peluang yang lebih besar untuk hidup lebih lama daripada yang tidak.

Populer video

Berita lainnya